Advedtorial

Dirut BPJamsostek Berikan Anugerah Paritrana Award Tingkat Provinsi Gorontalo

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Diretur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek), Anggoro Eko Cahyo memberikan penghargaan Paritrana Award tahun 2023 kepada para stakeholder yang menjadi pemenang di Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo, bertempat di Hotel Aston, Selasa (3/9/2024).

“Paritrana Award ini kita berikan kepada semua pihak yang punya komitmen untuk melindungi pekerja baik pemerintah provinsi, pemerintah daerah, pemerintah desa, perusahaan besar menengah UMKM sekunder,” kata Anggoro Eko Cahyo saat di wawancarai.

Anggoro juga megungkapkan bahwa Paritrana Award merupakan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan pelaku usaha yang telah mendukung implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Pekerjaan kita belum selesai, tenaga kerja Indonesia jumlahnya 100 juta jiwa sekarang, baru terlindungi 38,7 juta, dari 38,7 juta itu pekerja formalnya sekitar 25 juta, pekerja informal baru 8 juta. Padahal, pekerja informal Indonesia itu ada 60 juta jiwa,” ungkap Dirut.

Anggoro juga mengatakan mandat dari negara memastikan lima program, yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kehilangan kerja.

“Semua pekerja khususnya pekerja informal karena kalau pekerja formal, rasanya semua perusahaan agar lebih disiplin. Tapi kalau informal itu menjadi tantangan buat kita,” ujarnya.

Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku Mintje Wattu mengatakan filosofi dari Paritrana Award adalah melahirkan kesadaran untuk memenuhi hak jaminan sosial setiap warga negara yang merupakan amanah konstitusi.

Menurut dia, jaminan sosial mampu menjaga martabat dan keberlangsungan hidup warga negara serta mencegah kemiskinan baru apabila terjadi resiko meninggal dunia atau kecelakaan kerja.

(Tiansi)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button