BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Disdik Madiun Lakukan Study Tiru Ke Disdik Bondowoso

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM  – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Madiun melakukan studi banding ke Disdik Kabupaten Bondowoso, Kamis (14/12/2023). Hal ini karena, Disdik Bondowoso mendapat penghargaan dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdik Madiun, Nur Arif mengatakan, pihaknya melakukan studi banding ke Bondowoso berdasarkan informasi dari BBPMP Jatim. “Menurut informasi yang kami terima dari BBPMP Jatim, pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Bondowoso lebih bagus dari Kabupaten lainnya di Jawa Timur,” ungkap Arif, sapaannya.

Pihaknya menambahkan, sistem pengelolaan yang bagus akan diimplementasikan di Kabupaten Madiun. “Sehingga dari apa yang kami peroleh di sini, akan meringankan pekerjaan tim verifikator ataupun pengelola BOS di Disdik maupun sekolah di Madiun,” imbuhnya.

Disdik Madiun mengikutsertakan Pengawas SD dan SMP, pengelola BOS Disdik Madiun dan koordinator BOS pada masing-masing wilayah Kecamatan dengan jumlah kurang lebih 40 peserta dalam study tiru di Bondowoso. “Dari hasil studi ini ada hal menarik yang bisa kami terapkan di Madiun,” jelas warga Madiun tersebut.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SD Disdik Bondowoso, Masturi MS, SPd., M.M.Pd., menyambut baik kedatangan tamunya dari Disdik Madiun. “Yang pertama, kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan dari Disdik Kabupaten Madiun yang telah memilih Disdik Bondowoso sebagai lokasi studi banding terutama dalam pengelolaan dana BOS SD dan SMP,” ucap Masturi.

Menurutnya, Disdik Madiun memilih Disdik Bondowoso untuk studi tiru bukan asal pilih, tapi karena penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Bondowoso terkait pengelolaan dana BOS dari BBPMP Provinsi Jatim.

“Oleh karena itu kami memilih Narasumber terbaik, yaitu koordinator operator BOS Kabupaten, admin SIMKA Disdik Bondowoso dan staf pengelola BOS bidang kelembagaan SMP,” ujarnya. Hal-hal yang dipelajari Disdik Madiun, lanjutnya, berupa aplikasi, penyusunan laporan BOS, SPJ dan sebagainya.

“Karena kegiatan ini merupakan sharing pengalaman, tentu Bondowoso bukan berarti luar biasa. Kita berharap bukan hanya Kabupaten Madiun yang menjadi lebih baik namun Disdik Bondowoso juga diharapkan akan lebih baik,” pungkas Masturi.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button