Daerah

Donasikan Alat Pencegah Corona, Bukti Kepedulian PDHI dan ASOHI Banyuwangi

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Merebaknya pandemi Covid-19 yang setiap hari selalu bertambah karena rantai penularan masih belum signifikan terputus, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jatim IV merespon dan menggelar Bakti Sosial (baksos) dalam upaya turut serta melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 bak jamur di musim hujan. Bahkan menunjukkan data jumlah pasien terkonfirmasi positif terus bertambah dan grafiknya sangat signifikan. Sejalan dengan hal itu, Pasien Dalam Pemantauan (PDP), Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan daerah zona merah juga semakin meluas.

PDHI Cabang Jatim IV pun mengaplikasikan rasa kepeduliannya. Dan bentuk kepedulian para dokter hewan serta dukungannya terhadap pemerintah lebih karena melihat kondisi masyarakat yang semakin panik akibat wabah corina ini. Tak tanggung tanggung, dalam aksi sosial ini PDHI menggandeng Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) dan sponsor alat medis, antara lain Mulia Karya Vetatama (MK Vet) dan Ijen Pet Station.

“Baksos ini juga diikuti oleh PDHI di regional provinsi lain di Indonesia yang melakukan aksi serupa sebagai bentuk dukungan dan perwujudan One World One Health,” terang Drh. Wir Yeni Hasanah, selaku ketua PDHI Cabang Jatim IV, saat jumpa pers bersama puluhan awak media di RSUD Blambangan Banyuwangi, Rabu (8/4/20).

Dikatakan Drh. Wir Yeni Hasanah yang akrab disapa Yeni ini, penyerahan donasi berupa alat medis, obat-obatan, dan disinfektan sebagai upaya mendukung tenaga kesehatan di RSUD Blambangan ditengah kelangkaan alat-alat tersebut. Selain itu, PDHI juga menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) medis, Surgical mask, glove, google medis, disinfektan, madu dan multivitamin.

“Kita berharap tenaga kesehatan dapat bekerja optimal dalam menyembuhkan pasien terkonfirmasi Covid-19, memutus rantai penularan di masyarakat, melindungi semua tenaga kesehatan agar dapat bekerja dengan aman serta fokus dalam melaksanakan tugas. Cukupkan asupan nutrisi, tenaga dan pikiran untuk mengatasi wabah Covid-19,” ujarnya.

Kepada masyarakat, Yeni berpesan agar tetap patuh terhadap aturan pemerintah dengan mengisolasi pribadi di rumah. Jika harus keluar untuk kepentingan mendesak, supaya menjaga diri dengan pakai masker, sering cuci tangan dan lakukan Physical distancing.

“Pemerintah sebagai garda terdepan, dalam hal ini diharapkan agar fokus pada pencegahan dan penanganan masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 serta memastikan kebutuhan dasar yang sedang dalam kondisi pembatasan social berskala besar (PSBB), serta menjamin keamanan para tenaga medis yang bekerja dengan sarana yang memadai,” tandas Yeni.

Sementara itu, Direktur RSUD Blambangan, dr. Indah Sri Lestari, dihubungi terpisah oleh media ini menyampaikan banyak terimakasih atas kepedulian PDHI Cabang Jatim IV yang telah memberikan donasi berupa kelengkapan pendukung pencegahan virus corona.

“Covid-19 ini memang menjadi tugas kita bersama untuk melakukan langkah antisipasi dan pencegahan. Semoga wilayah Kabupaten Banyuwangi bisa segera mengalami penurunan dan secara umum di negara kita tercinta ini corona bakal pergi dan tak kembali lagi,” lontar pejabat wanita yang sebelumnya juga menduduki posisi yang sama di RSUD Genteng ini. (Red) 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button