Jawa TimurProbolinggo

Dorong Potensi Perekonomian, Kolaborasi KKN Mahasiswa Panca Marga Dengan Masyarakat Desa Kalisalam

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO, JATIM – Universitas Panca Marga menggelar pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan melibatkan para mahasiswa dari beragam disiplin ilmu, di Desa Kalisalam Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.

Program KKN ini bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat desa setempat, sambil memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh selama masa perkuliahan.

Ribut Prastiwi Sriwijayanti S.PD.I.M.PD Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyampaikan, salah satu aspek menarik dari program itu adalah sosialisasi pembuatan dendeng ikan oleh para mahasiswa, sebuah terobosan dalam mendukung peningkatan perekonomian lokal. Selasa (22/8/2023)

“Para mahasiswa Universitas Panca Marga terlibat langsung dan aktif, untuk memberikan sosialisasi tentang cara pembuatan dendeng ikan yang berkualitas tersebut,” terangnya

Lebih lanjut, Prastiwi menambahkan, bahwa dengan adanya pelatihan dan penyuluhan ini bisa mendorong potensi ekonomi dan meningkatkan pendapatan.

“Dalam program KKN kali ini, masyarakat Desa Kalisalam kami diberikan wawasan tentang teknik produksi dendeng ikan yang unggul,” tambahnya

Selain itu, mahasiswa Universitas Panca Marga juga memberikan kontribusi dalam bidang sosialisasi pertanian dan mengimplenmentasikan perpustakan digital pada siswa SD Kalisalam setempat.

“Kami ajak para siswa untuk memahami dengan lebih mendalam tentang dunia pertanian serta pentingnya sektor ini dalam kehidupan sehari-hari. Serta sebuah perpustakaan berhasil diimplementasikan untuk memberikan layanan informasi melalui perangkat digital agar mempermudah akses terhadap koleksi bahan pustaka, termasuk dokumen, gambar dan database dengan cepat serta mudah,” pungkasnya

Sementara itu, Akbarico Rizki Ramadhan sebagai Koordinator Desa menuturkan, program kerja utama dari kelompok mahasiswa yaitu memberikan ilmu bisnis pada masyarakat khususnya Ibu ibu di Desa Kalisalam.

“Diharapkan ibu ibu mempunyai semangat dalam beraktifitas serta bisa menciptakan produk-produk yang inovatif,” tuturnya

Mahasiswa Universitas Panca Marga tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga menginspirasi semangat gotong-royong dan kerjasama dalam mencapai tujuan bersama.

“Pelaksanaan program KKN ini memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Desa Kalisalam, dan pengalaman berharga bagi para mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat,” imbuhnya

Dilain sisi, Didik Sekretaris Desa Kalisalam mengungkapkan, jika kolaborasi antara mahasiswa dengan masyarakat memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan perekonomian di desanya.

“Alhamdulillah, masyarakat Desa Kalisalam sangat terbantu dan berterima Kasih kepada rekan rekan KKN yang telah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif bagi warganya,” ungkapnya

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button