KemendagriSulbar

Dr.Aco Musaddat Usulkan Rumah Kreatif Program Matching Fund Kemendikbud Riset dan Teknologi.

BeritaNasional.id.Polman.Sulbar–Rumah Kreatif Desa Papandangan menjadi salah satu program yang lolos untuk Verifikasi Kelayakan (VK) pada Program Matching Fund Kemendikbud Riset dan Teknologi RI di Four Point Makassar. Matching Fund adalah bentuk nyata dukungan dari Kemendikbudristek RI untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara insan Perguruan Tinggi dengan pihak mitra. Melalui Platform Kedaireka Kampus Merdeka, Kedaireka merupakan akronim dari Kerjasama Dunia Usaha dan Kreasi Reka. Atau Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr Aco Musaddat , Kadis Pariwisata Kab Polman , Rumah Kreatif Desa yang rencananya ditempatkan di Desa Papandangan diusul oleh Universitas Asyariah Mandar bermitra dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Polewali Mandar.
Acara berlangsung pada hari Sabtu-Ahad tgl 18-19 Maret 2023.Wilayah Indonesia Timur dipusatkan di Hotel Four Point Makassar.

Lanjut Sang Doktor Plt Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata  dalam paparannya menjelaskan didepan reviewer Prof DR. Ahmad Afandi dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) menyampaikan beberapa alasannya mendukung Inovasi Rumah Kreatif Desa Papandangan yaitu Desa Papandangan akan dijadikan pilot project percontohan kawasan pariwisata yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Rumah Kreatif Papandangan akan menyiapkan souvenir dan cenderamata yang berbahan rotan dan akan mempekerjakan Pemuda setempat setelah mendapatkan pelatihan. Kepala Desa Papandangan Pak Makmur memberikan dukungan penuh dengan menyiapkan lahan dan siap mengadakan bahan bakunya.

Rektor Unasman DR. Chuduriah Sahabuddin menyampaikan bahwa program ini sangat mendukung untuk tercapainya Visi dan Misi Pemkab Polman yang dituangkan dalam RPJMD Polewali Mandar. Pihak PT siap membantu Pemkab Polman untuk menjadi Poman Maju dan Sejahtera.

Menurut Aco Musaddad HM, harapannya Rumah Kreatif ini dapat menjadi solusi untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran dan semoga dapat juga didirikan diseluruh desa di Polewali Mandar.
Rumah Kreatif Desa ini ditempatkan di kawasan wisata supaya dapat memicu kunjungan wisatawan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya.
Pengumuman kelayakan akan disampaikan paling lambat April mendatang.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button