Daerah

Dukung Gemar Makan Ikan, Walikota Madiun Sebar 136 Ribu Benih Ikan di Embung Pilangbango

BeritaNasioanl.ID, Kota Madiun – Setelah sebelumnya Walikota Madiun H Maidi menyebar 2 kwintal ikan lele di Kali Bantaran, kegiatan serupa kembali digelar hari ini (Selasa, 20/10/2020). Walikota Madiun Maidi melepas 136 ribu benih ikan ke dalam embung yang ada di Kelurahan Pilang Bango, Kecamatan Kartoharjo.

Kegiatan penyebaran bibit ikan lokal juga dihadiri oleh Kasi Sarana Prasarana Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim Edi Kuncahyo, Jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta camat, lurah, dan tokoh masyarakat di wilayah Pilangbango.

Peningkatan sektor perikanan menjadi salah satu cara bagi Pemkot Madiun, untuk menambah asupan gizi masyarakat. Terutama, dalam penanganan anak stunting. Untuk itu, bibit ikan berkualitas harus tersedia dalam jumlah yang cukup.

Upaya ini mendapatkan apresiasi dari Pemprov Jawa Timur melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim menyalurkan 75 ribu bibit ikan lokal kepada Pemkot Madiun.

‘’Melalui kegiatan ini, kami harap upaya mendukung gemar makan ikan di Kota Madiun semakin optimal. Serta, memberdayakan masyarakat sekitar untuk bisa budidaya ikan dan menggerakkan ekonomi rakyat,’’ tutur Walikota Madiun Maidi.

Dalam kegiatan tersebut, Pemkot Madiun dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga menyediakan 61 ribu bibit ikan lokal. Sehingga, total ada 136 ribu bibit ikan lokal yang dilepaskan di Embung Pilangbango. Di antaranya, bibit Ikan Gurame, Tawes, Wader, dan Tombro.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim Mohammad Gunawan Saleh menuturkan, kegiatan ini juga sekaligus sebagai upaya mengembangbiakkan ikan lokal. Lebih lanjut dijelaskan, total ikan lokal di Jatim mencapai 50 jenis. Namun, saat ini baru 25 jenis yang ditemukan. Dengan 15 jenis sudah bisa dikembangbiakkan dan 10 lainnya masih dalam tahap domestikasi.

‘’Saat ini kami sudah menyebarkan 12 juta bibit ikan lokal, termasuk di Kota Madiun. Dengan fasilitas yang luar biasa ini, kami harap Kota Madiun bisa menjadi pusat budidaya ikan yang berkualitas di Jatim,’’ ujarnya.

Selain bibit ikan, Pemprov Jatim juga memberikan 52 sak pakan ikan per bulan selama 3 bulan ke depan. Juga ada timbangan, seser, dan ember sebagai prasarana pelengkap budidaya ikan. Selanjutnya, proses budidaya ikan akan dilaksanakan oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Bok Malang Pilangbango.(ik/is)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close