BatubaraMenuju Pemilu 2024

Edukasi Pemilu Oleh Mitra Tular Nalar Mafindo, Dedikasikan Siswa Menyikapi Hoaks

BeritaNasional.ID, BATU BARA SUMasyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) menggelar pelatihan literasi digital melalui program Tular Nalar Sekolah Kebangsaan yang diikuti siswa-siswi MAN 1 Limapuluh yang digelar di Aula Kantor Bupati Batu Bara, Senin (20/11/2023).

Tular Nalar ini sendiri merupakan program pelatihan literasi digital yang diinisiasi oleh MAFINDO.

Selain itu, juga telah muncul sebagai platform online pembelajaran utama yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi dan menyikapi hoaks melalui literasi digital dan pemikiran kritis.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia ini adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memerangi hoaks yang berdiri pada tahun 2016.

Menjelang Pemilihan Umum, Tular Nalar membuat sekolah kebangsaan pemberian edukasi tentang Pemilu 2024 dengan peserta siswa-siswi MAN 1 Lima Puluh Kabupaten Batu Bara.

Metode ini digunakan secara berkelompok dengan menghadirkan para fasilitator yang merupakan mahasiswa dan dosen.

Mitra Tular Nalar, Ali Nafiah Bastian.S,H. menjelaskan, bahwa pada sekolah kebangsaan ini, siswa akan dibagi dalam beberapa kelompok yang berisi 10 orang, lalu mereka akan dihadapkan dengan masalah di media sosial.

“Kemudian para siswa akan memilih berita tersebut termasuk ke dalam hoaks atau tidak. Sebelumnya, para mahasiswa tersebut akan memberikan edukasi lebih dulu terkait Pemilu dan Demokrasi,” jelasnya.

Ali Nafiah menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan agar para siswa dapat memahami dan lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi berita yang berada di media sosial sebagai pemilih pemula.

Sementara itu, Komisioner KPU Batu Bara Husnul Zein menjelaskan tahapan menuju Pemilu yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Ia juga menyampaikan apresiasi pihaknya atas program yang diselenggarakan oleh Tular Nalar MAFINDO ini.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi generasi millenial atau generasi Z pemilih pemula yang ada di Kabupaten Batu Bara, agar mereka bisa cerdas dalam memilih pemimpin,” ucap Husnul.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Batu Bara Dr. Agus Salim mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh MAFINDO yang langsung bekerjasama dengan organisasi yang di naunginya. ia berharap agar kegiatan ini terus berlanjut di Kabupaten Batu Bara.

Ketua Bidang Politik, Pendidikan dan olahraga MD Kahmi Batu Bara Ramadan Siregar juga memberikan pemahan kepada siswa apa itu hoax dan dampak buruknya dalam sistem demokrasi di Indonesia.

“Dengan hastag Gen Z bisa milih, para siswa di berikan pengetahuan apakah sudah termasuk dalam pemilih pemula, dengan cek DPT pada aplikasi cek DPT Selain itu kami juga beri tahu mengenai sanksi-sanksi bagi penyebar hoax,” tandasnya.

Salah seorang siswi MAN 1 Limapuluh usai mengikuti sekolah kebangsaan ini mengucapkan terimakasihnya, atas kegiatan yang telah memberikan pemahaman tentang tahapan Pemilu 2024 hingga bagaimana caranya memerangi atau mengidentifikasi berita hoax.

“Terimakasi atas kegiatan ini, menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat seru, tentunya kita bisa menambah wawasan tentang pemilu dan anti hoax,” ucapnya dengan semangat. (Fitrah/BerNas.ID)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button