Politik

Elektabilitas Pasangan Prabowo-Sandi Kejar Jokowi-Amin Di Survei Median

BeritaNasional.ID Jakarta – Paska debat pertama Pilpres 2019 mempengaruhi elektabilitas capres/cawapres tetapi banyak masyarakat mengugulkan pilihannya sebelum debat pertama digelar. Media Survei Nasional (Median) kembali merilis hasil survei terbaru calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Survei dilakukan dalam rentang 6-15 Januari 2019, sebelum debat capres pertama.

Dari hasil survei ini, elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf berada di angka 47,9 persen, hanya naik 0,2 persen dibanding 47,07 persen survei sebelumnya yang dilakukan bulan November. Sementara Prabowo-Sandi 38,7 persen, naik 3,7 persen dibanding 35,5 persen dari survei November.

“Selisih dua pasangan itu kini tinggal 9,2 persen dan yang belum menentukan pilihan 13,4 persen,” ujar Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun dalam press conference rilis surveinya di Kawasan Cikini Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Menurut rico, kondisi pemilih terkini yang belum menentukan pilihan terjadi penurunan. Pada November 2018, jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan 16,8 persen.

“Elektabilitas Prabowo-Sandiaga naik, sementara Jokowi-Maruf stagnan,” ucap Rico.

Populasi survei nasional ini dari seluruh warga Indonesia yang saat ini memiliki hak pilih. Target sampel nasional 1.500 responden, dengan margin of error sebesar +/- 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (dki1/bn)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button