Sidrap

Enam Camat Di Sidrap Resmi Dilantik Pejabat PPATS

BeritaNasional. ID Sidrap  — Kepala Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Sidrap resmi mengukuhkan 6 orang Camat menjadi  Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS).

Pelantikan dan pengambilan sumpah 6 Camat ini dilakukan langsung oleh Kepala Kantor BPN Syamsuddin K, S,SIT, MH di Ball Room Algoni hotel Grand Sidny, Sidrap, Senin 11 Februari 2019.

Camat yang dilantik dan diambil sumpah jabatan sebagai PPAT Sementara yakni ; Camat MaritengngaE Muh Arsul, SIP, MSi Camat Maritengngae, Camat Watang Sidenreng A. Safari Renata, SIP, MSi, Camat Watang Pulu Drs. Muhammad Yamin.

Tiga Camat lainnya ikut diambil sumpahnya yakni ; Camat Pitu riawa Faradillah Bakri, SKm., MSi, Camat Panca Lautang Usman, S.Sos dan Camat Kulo yakni Drs. Mustari, MSi.

Pengambilan sumpah pejabat PPATS ini setelah Bupati Sidrap H. Dollah Mando melakukan penyegaran posisi Camat selaku eselon IIIa beberapa waktu lalu.

Kepala Kantor Pertanahan Sidrap Syamsuddin, K menjelaskan, bahwa tanah sangat penting dalam kehidupan. Disamping memiliki fungsi sosial, juga memiliki fungsi ekonomi yang dapat dijadikan jaminan untuk suatu perikatan utang piutang.

Sehingga posisi Camat sebagai selaku PPATS adalah perpanjangan tangan pihak BPN untuk memudahkan masyarakat mengurus penerbitan akte kepemilikan sertifikat tanah yang sah.

Lanjut Syamsuddin, dengan fungsi tanah yang sangat penting, maka perbuatan hukum dan perisitiwa hukum mengenai tanah perlu dibuktikan dengan akta otentik atau akta yang dibuat PPAT Notaris maupun Camat karena jabatan ex officio sifat sementara,” jelas Syamsuddin.

Dikatakan Syamsuddin, dalam peraturan pemerintah tentang peraturan jabatan PPAT, bahwa tugas pokok PPAT melaksanakan sebagian kegiatan pendaftaran tanah dengan membuat akta sebagai bukti sah telah dilakukan perbuatan hukum dan peristiwa hukum tertentu.

“PPAT turut melaksanakan tugas pertanahan yang harus berpedoman kepada peraturan Perundangan pertanahan yang berlaku,” ungkap Syamsuddin.

(Risal Bakri).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button