DaerahNasionalRagamSumateraSUMUT

Enam Ekor Siamang dari Jakarta Dipulangkan ke Sumatera Utara

BeritaNasional.ID, Medan – Balai Besar KSDA Sumatera Utara, menerima kedatangan 6 ekor individu Siamang (Symphalangus syndactylus) yang berasal dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tegal Alur-Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta, melalui Bandara Udara Kuala Namu Internasional, Deli Serdang, Sumut, menggunakan pesawat Garuda Indonesia, pada Kamis (23/9/2021).

Plt. Kepala Balai Besar KSDA Sumut, Ir. Irzal Azhar, M.Si, melalui Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BBKSDA Sumut, Andoko Hidayat, kepada Wartawan, Jum’at (24/9/2021) mengatakan, berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Balai KSDA Jakarta, bahwa ke 6 ekor individu Siamang tersebut merupakan hasil penyerahan masyarakat kepada petugas, dan sempat dititipkan di PPS Tegal Alur yang dikelola oleh Balai KSDA Jakarta.

Sebelum translokasi, sebut Andoko Hidayat, petugas medis PPS Tegal Alur telah melakukan pemeriksaan, baik perilaku maupun kesehatan. Penilaian perilaku dan kesehatan, dengan melakukan pengamatan terhadap sifat liar, perilaku makan, kualitas feses, kondisi tubuh dan perilaku alami.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengamatan yang telah dilakukan, satwa-satwa tersebut tidak mengalami perubahan perilaku alaminya. Sedangkan dari segi kesehatan, satwa tersebut dinyatakan sehat serta tidak menunjukkan gejala klinis penyakit menular atau penyakit infeksius. Sehingga kesimpulannya satwa-satwa tersebut layak untuk direlokasi guna dilepasliarkan ke habitatnya.

Sebelum diberangkatkan ke Sumatera Utara, ke 6 ekor Siamang (4 jantan dan 2 betina) telah dilakukan tes darah untuk memantau penyakit elisa rabies, dan hasilnya dinyatakan Titer Antibodi Rabies (Non Protektif), demikian juga dengan tes Covid-19 hasilnya pun negatif.

Perlu dijelaskan, bahwa proses pemindahan translokasi Siamang telah mengacu kepada Edaran Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Nomor: SE.4/KSDAE/KKH/KSA/4/2020, tanggal 9 April 2020 tentang Panduan Teknis Pencegahan Covid-19 Pada Manusia dan Satwa Liar. Serta telah memperhatikan kesehatan manusia maupun kesejahteraan satwa dalam rangka One Health serta Animal Walfare.

“Ke 6 ekor Siamang tiba di Bandara Kuala Namu, pada Kamis 23 September 2021, sekitar pukul 09.00 Wib. Ke 6 ekor Siamang segera dievakuasi ke Pusat Rehabilitasi Orangutan dan Primata lainnya yang dikelola oleh Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Center (YOSL-OIC), mitra kerjasama Balai Besar KSDA Sumatera Utara, di Bukit Mas Besitang, Kabupaten Langkat, Sumut, guna menjalani proses karantina dan rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitat alaminya, beber Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BBKSDA Sumut,
Andoko Hidayat.(Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button