Artikel/OpiniRagam

Fitur PayLater: Antara Manfaat dan Resiko

Oleh : Verni Juita *)

BeritaNasional.ID — Popularitas fitur paylater semakin meningkat seiring dengan semakin mudahnya berbelanja di berbagai marketplace online di Indonesia. Penyedia paylater yang semakin banyak dan dapat diakses di berbagai market place menjadi salah satu alasan pertumbuhan pengguna paylater yang cukup signifikan. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna menjadi lebih mudah membeli produk atau jasa yang mereka butuhkan meskipun mereka masih belum memiliki cukup dana untuk memenuhinya saat itu.

Namun demikian dibalik berbagai kemudahan yang ditawarkan, paylater juga memiliki potensi resiko yang cukup besar jika digunakan dengan berlebihan tanpa mempertimbangkan biaya maupun resiko yang menyertainya. Hal ini menyebabkan banyak nya keraguan dan stigma negatif dari penggunaan fitur ini di masyarakat akibat banyaknya berita mengenai berbagai kasus gagal bayar penggunaan paylater meskipun jumlah penggunanya masih terus meningkat. Untuk itu, sebelum menggunakan ada baiknya kenali dulu manfaat dan resiko dari fitur paylater ini untuk membantu penggunanya dalam menggunakan fitur ini secara bijaksana.

Dari sisi manfaat, pengguna dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut: (1) kemudahan akses dan pembayaran, dengan kemudahan ini paylater dapat memberikan alternatif akses pendanaan bagi calon pengguna yang mungkin memiliki keterbatasan dalam mengakses layanan kredit dari lembaga perbankan atau lembaga lain yang lebih besar, (2) Prosedur dan syarat pendaftaran yang sederhana, hal ini membuka kesempatan kepada calon pengguna yang lebih luas untuk dapat menggunakan fitur layanan pendanaan ini, (3) Pilihan pembayaran kembali (cicilan) yang cukup fleksibel dan dapat dipilih sesuai kemampuan pengguna, (4)Terintegrasi dengan berbagai marketplace, kemudahan ini meminimalisir kerumitan dan memberikan kesederhanaan dalam melakukan transaksi belanja sekaligus penggunaan prosedur pendanaannya sehingga dengan hanya beberapa kali klik transaksi belanja yang di danai oleh paylater sudah bisa diselesaikan, (5) Berbagai promosi, diskon dan program pemasaran yang ditawarkan bagi pengguna fitur ini, memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah dan manfaat yang lebih besar karena promosi, diskon, gratis ongkir dan lain lain yang ditawarkan.

Sementara dari sisi resiko, pengguna sebaiknya mempelajari beberapa kemungkinan resiko berikut ini: (1) Tidak semua penyedia paylater yang ada diawasi oleh OJK, terdapat pula penyedia jasa keuangan paylater yang ilegal dan tidak diawasi OJK sehingga calon pengguna harus berhati-hati sebelum mendaftar atau menggunakan aplikasi maupun paylater. Sebaiknya pelajari dan cek terlebih dahulu paylater yang ingin digunakan di daftar penyedia paylater legal yang terdapat di web OJK, (2) Isu privasi atau kerahasiaan data juga mengintai pengguna paylater. Baca dan pelajari semua ketentuan yang berlaku yang akan disetujui saat mendaftar. Pastikan juga untuk mengecek akses data apa saja yang diijinkan kepada aplikasi paylater yang ada di mobile phone untuk memastikan data-data penting salah satunya daftar kontak aman dan tidak bisa diakses tanpa kita ketahui, (3) Jaga kerahasiaan PIN dan informasi penting terkait paylater untuk berjaga-jaga hanya pengguna yang dapat menggunakan paylater tersebut. Jangan sampai ada hacker atau pihak lain yang berhasil menggunakan  paylater tanpa diketahui oleh pengguna asli , sehingga memunculkan beban hutang paylater yang harus di pertanggungjawabkan tanpa diketahui, (4) Kemudahan dan limit paylater yang cukup besar dapat membawa resiko pengguna untuk berbelanja secara impulsif dan membeli barang diluar kebutuhan dan kemampuan. Hal ini dapat berpotensi pada barang yang menumpuk dan menjadi sampah karena sudah dibeli tapi tidak dibutuhkan. Selain itu potensi pengguna akan memiliki hutang yang jauh diluar kemampuannya untuk membayar juga akan berpotensi terhadap gagal bayar dan masalah lain yang mengikutinya seperti penumpukan hutang, stress, habisnya tabungan, dan lain lain.

Melihat dari kedua sisi manfaat dan resiko diatas, maka pengguna maupun calon pengguna paylater sebaiknya mempelajari berbagai informasi terkait fitur yang bersangkutan sebelum menggunakan. Dengan pengetahuan yang cukup, maka pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk mendapatkan manfaatnya, namun juga dapat berhati-hati agar dapat menghindari resiko-resiko yang berpotensi membawa masalah bagi mereka. Penggunaan paylater yang bertanggung jawab dapat memberikan efek manfaat jangka panjang karena ketersediaan alternatif pendanaan yang tersedia saat dibutuhkan. (Ay/BERNAS)

*) Biodata Penulis :
Nama : Verni Juita
Profesi : Dosen FEB Universitas Andalas
E-mail : vjuita@eb.unand.ac.id

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button