Eks Keresidenan Madiun

Forum Konsultasi Publik Ranwal RPJPD 2025-2045

BeritaNasional.ID, Magetan, Jatim – Pemkab Magetan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar Forum Konsultasi Publik, di Pendopo Surya Graha Selasa (7/11/2023).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pembangunan (Bappeda Litbang) Kabupaten Magetan Elmi Kurnianto mengatakan, RPJPD tahun 2005-2025 akan segera berakhir masa berlakunya sehingga diperlukan penyesuaian RPJPD yang baru.

” Dan RPJPD yang sedang kita susun ini nantinya dapat menjadi pedoman bagi calon kepala daerah yang akan mengikuti pilkada serentak pada tahun depan,

Pihaknya berharap dalam FKP ini bisa menjaring masukkan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Magetan, organisasi-organisasi kemasyarakatan serta masyarakat luas untuk menjadi bahan pertimbangan.

” Diharapkan seluruh komponen pelaku pembangunan bisa memberikan sumbangsih ke kita, dan masukkan sehingga FKP ini dapat menghasilkan visi misi, sasaran dan arah kebijakan daerah, ” tambah Elmi Kurnianto.

Dalam penyusunan RPJPD tahun 2025-2045 tersebut, PJ Bupati Magetan, Hergunadi menyampaikan, untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) ini nanti akan menjadi pedoman bagi siapa saja yang akan memimpin Magetan nantinya.

“RPJPD ini adalah perencanaan kita (Pemkab) untuk 20 tahun kedepan. Dan ini nanti juga akan menjadi pedoman dasar dalam penyusunan RPJMD. Jadi ,” ujar Hergunadi.

Hergunadi menyebut dasar penyusunan RPJPD Pemkab Magetan tahun 2025-2045 tersebut berasal dari masukan masyarakat yang telah ditampung oleh instansi-instansi terkait maupun wakil rakyat yang ada di kantor DPRD.

“Dengan RPJPD ini kita sinkronkan masukan masing-masing OPD, masukan dari masyarakat yang kemarin teknoperatif sudah dibuat, dan ditambah masukan dari peserta yang hadir hari ini. Jadi, kami harapkan penyusunan RPJPD ini bisa berjalan dengan lancar,” ungkapnya .

Pj. Bupati Magetan yang hadir membuka acara FKP ini berharap masyarakat mampu secara partisipatif melalui sumbangsih saran yang konstruktif dalam pembuatan Rancangan Awal RPJPD Magetan 2025-2045. “Mengacu pada 7 misi prioritas nasional,” terangnya.

Pun 7 misi prioritas nasional tersebut yaitu Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan Berkualitas dan Berkeadilan, Mengembangkan Wilayah untuk Mengurangi Kesenjangan dan Menjamin Pemerataan, Meningkatkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dan Berdaya Saing, Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan, Memperkuat Infrastruktur untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi dan Pelayanan Dasar Membangun Lingkungan Hidup : Meningkatkan Ketahanan Bencana, dan Perubahan Iklim, serta Memperkuat Stabilitas Polhukhankam dan Transformasi Pelayanan Publik (ik/is)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button