AdvedtorialGorontaloOlahraga

Gorontalo Half Marathon jadi Ajang Olahraga Wisata

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Penjabat Gubernur Rudy Salahuddin, secara resmi meluncurkan Gorontalo Half Marathon di depan rumah jabatan gubernur, Sabtu (10/8/2024). Agenda olahraga berstandar nasional ini mengangkat tema “Berlari di Tengah Pesona Bahari dan Budaya Gorontalo”.

“Kita mengangkat konsep sport tourism atau olahraga wisata. Harapannya akan lebih banyak lagi yang datang ke Gorontalo tidak hanya berlari, tetapi juga bisa diving dan kegiatan olahraga lainnya yang dipadukan dengan pariwisata,” kata Rudy.

Rudy menjelaskan, selain bertujuan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Gorontalo, konsep olahraga wisata tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan di daerah. Rudy mengungkapkan, bahwa berdasarkan data Dinas Pariwisata rata-rata lama tinggal wisatawan di Gorontalo saat ini hanya 1,5 hari.

“Kita inginnya lama tinggal wisatawan di Gorontalo bisa lama lagi. Selama ini lama tinggal wisatawan hanya 1,5 hari. Dengan Gorontalo Half Marathon ini diharapakan bisa sampai tiga hari, sehingga pengeluarannya semakin banyak dan ekonomi kita menggeliat,” jelas Rudy.

Pj. Gubernur Gorontalo menambahkan, ajang Gorontalo Half Marathon juga akan melibatkan sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di lokasi start dan finis akan ada stan-stan UMKM yang menyediakan berbagai produk khas Gorontalo.

“Nanti kita juga menyediakan stan UMKM. Para peserta akan disuguhi dengan makanan dan minuman yang diproduksi oleh UMKM. Pelari yang telah mencapai finis bisa mengambil secara gratis,” ujar Rudy.

Peluncuran Gorontalo Half Marathon ditandai dengan dimulainya pendaftaran melalui web gorontalohalfmarathon.com. Gorontalo Half Marathon yang akan berlangsung pada 27 Oktober 2024 ditargetkan diikuti oleh 3.000 peserta.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button