PemerintahanSinjaiSosial

Hadapi cuaca Ekstrem, Dinsos Sinjai Jamin Bantuan Logistik Masih Cukup

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini telah menimbulkan kerusakan dan kerugian. Situasi demikian tentunya membutuhkan kesiapsiagaan segenap elemen khususnya bantuan logistik. Terkait hal ini Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sinjai setiap saat menyiapkan logistik untuk korban bencana alam dan sosial di Kabupaten Sinjai.

Bantuan logistik yang dimiliki Dinsos Sinjai tersebut umumnya berupa beras, tikar, selimut, matras, perlengkapan bayi, mie instan, air mineral dan bantuan lainnya.

Kepala Dinas Sosial Sinjai Andi Muh. Idnan menyatakan ketersediaan logistik saat ini baik berupa paket sembako maupun makanan siap saji terbilang cukup selama satu bulan.

Menurut Idnan pihaknya selalu meng-opname stok sehingga jumlah yang ada bisa dipastikan biasa meringankan beban korban bencana walaupun tidak menjamin kecukupannya.

“Jadi Sesuai petunjuk dan arahan bapak Bupati memang memerintahkan kepada saya agar begitu ada kejadian, Dinsos wajib dan harus segera turun tangan untuk memberikan bantuan,” tuturnya

Adnan kemudian menjelaskan bantuan logistik yang diberikan Dinsos Sinjai tergantung jenis bencana dan hasil rekomendasi asesmen yang dilakukan tim kaji cepat.

“Begitu kami mendapatkan laporan dari Pemerintah setempat, Tagana atau dari tenaga pendamping kita lakukan assessment dan cepat kita salurkan bantuan logistik, ” Jelasnya

Diakui pula oleh Adnan, bahwa Stok logistik yang mereka miliki tersebut, berasal dari bantuan Kementerian Sosial, Pemerintah Provinsi maupun anggaran dari APBD Kabupaten Sinjai.

Meski logistik tidak menjamin kecukupan kebutuhan masyarakat, tetapi pihaknya akan selalu siap siaga. Sambil berharap kepada Pemerintah setempat atau masyarakat untuk segera melaporkan kepada Dinsos Sinjai jika terjadi bencana alam yang berdampak adanya kerugian yang dialami masyarakat.

“Jadi apapun bencana yang dialami masyarakat apakah itu banjir, angin kencang, kebakaran maupun bencana sosial lainnya yang terjadi kami siap salurkan bantuan logistik,” tegasnya

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button