HeadlineNasionalPemerintahan

Hadiri ISBF 2024, Airlangga Rayu Pengusaha Singapura Investasi di Indonesia

“Melalui ISBF 2024, Indonesia Yakinkan Kalangan Usaha Singapura Untuk Kembangkan Proyek Bisnis di Indonesia”

BeritaNasional.ID, Singapura  Indonesia-Singapore Business Forum (ISBF) 2024 merupakan forum diskusi antara para eksekutif tertinggi perusahaan Singapura dengan menteri serta pejabat tinggi Indonesia dengan tujuan untuk memberikan kejelasan dan pandangan mengenai arah kebijakan masa depan lanskap bisnis dan investasi Indonesia. Mengangkat tema Beyond the Ballot: Shaping the Future of Business and Investment in Indonesia, forum bisnis tersebut dimaksudkan untuk memperkuat kepercayaan pasar sekaligus memberikan update kepada kalangan Pemerintah, pebisnis, dan investor Singapura mengenai arah kebijakan Indonesia pasca penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Saat menghadiri forum tersebut, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Indonesia dan Singapura telah memiliki hubungan kemitraan ekonomi yang sangat baik pada hampir semua sektor, Rabu (27/3).

“Indonesia dan Singapura memiliki hubungan kemitraan ekonomi yang sangat baik dengan sejarah hubungan yang panjang pada hampir semua sektor, yaitu ekonomi, keamanan, budaya, pendidikan, pariwisata, dan yang terpenting, konektivitas antar manusia dan konektivitas bisnis ke bisnis,” ujarnya dikutip dari laman resmi ekon.go.id, Kamis (28/3).

Airlangga juga menyampaikan keinginannya untuk memperkuat kepercayaan pasar sekaligus memberikan bayangan kepada pemerintah, pebisnis, dan investor Singapura mengenai arah kebijakan pemimpin pemerintahan baru di Tanah Air.

“Penyelenggaraan ISBF 2024 merupakan saat yang tepat untuk meyakinkan pebisnis dan investor Singapura tentang komitmen Indonesia mempercepat pembangunan ekonomi dengan memastikan keberlangsungan reformasi struktural, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan daya saing,” jelasnya.

Berdiri dihadapan pemerintah dan pengusaha Singapura, Airlangga meyakinkan bahwa penetapan hasil resmi Pemilu 2024 mendorong terjaminnya keberlanjutan agenda pembangunan yang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Ia juga memamerkan terkait pencapaian setelah berhasil memulihkan ekonomi dari pandemi, Indonesia kini melangkah maju menjadi negara maju dengan perekonomian yang tumbuh rata-rata 6-7% per tahun dengan target pertumbuhan investasi rata-rata 6,8% per tahun untuk 20 tahun ke depan.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo menyampaikan keyakinan bahwa pertemuan ini akan meningkatkan dan memperdalam kerja sama ekonomi bilateral kedua negara di era kepemimpinan baru.

“Dengan berbagai kemajuan dalam hubungan bilateral dengan Singapura yang merupakan investor tradisional terbesar, pendukung besar, dan mitra terhormat Indonesia, saya yakin sepenuhnya bahwa Indonesia akan mendapatkan lebih banyak manfaat pada tahun-tahun mendatang,” ungkap Suryo.

Pemerintah Singapura melalui Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong menyambut baik kunjungan dari Airlangga dengan tujuan untuk merayu pengusaha agar menggenjot proyek bisnis di Indonesia.

“Kinerja ekonomi Indonesia yang kuat dapat dikaitkan dengan reformasi struktural pemerintah yang bertujuan untuk memperbaiki lingkungan investasi dan meningkatkan kepercayaan investor,”pungkasnya.

ISBF 2024 dihadiri oleh lebih dari 300 undangan pada tingkat tinggi / C-level dari berbagai pemangku kepentingan Pemerintah dan swasta Singapura, termasuk Enterprise Singapore, Temasek, G1C, Singapore Business Federation, Singapore Chinese Chamber of Commerce and Industry dan Singapore Manufacturing Federation.

Hadir sebagai pembicara pada ISBF 2024 antara lain Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Mantan Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, Managing Director, Network Partnership, and Strategic Marketing of Group Foreign Direct Investment Authority Jimmy Koh, dan Assistant CEO Enterprise Singapore Eunice Koh.  Forum Bisnis juga dihadiri oleh Sekrataris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

(Ay/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button