Headline

Hamim Pou: Anak Merupakan Investasi dan Modal Pembangunan Daerah

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Bupati Bone Bolango, Hamim Pou membuka secara resmi Sosisalisasi Peraturan Daerah Kabupaten Bone Bolango tentang Kabupaten Layak Anak yang dirangkaikan dengan Deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) Tingkat Kabupaten Bone Bolango di Aula BPMP Provinsi Gorontalo, Selasa (14/2/2023).

Dalam sambutannya, Hamim mengatakan bahwa anak merupakan investasi dan modal pembangunan daerah dimasa yang akan datang yang wajib mendapatkan perlindungan.

Hamim menjelaskan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak sebagai wujud bentuk komitmen daerah dalam pemenuhan hak dan kepentingan terbaik anak, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah mensahkan Peraturan Daerah Kabupaten Bone Bolango No 9 Tahun 2023 tentang Kabupaten Layak Anak (KLA).

Lebih lanjut Hamim menguraikan bahwa komponen mendasar yang harus mendapat perhatian dalam mewujudkan kesejahteraan, yaitu anak-anak yang mempunyai hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang, berpatisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Menurutnya substansi hak-hak anak dikelompokkan ke dalam 5 klaster pemenuhan hak anak dalam Konvensi Hak Anak yakni hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan seni budaya serta perlindungan khusus.

“Indikator-indikator tersebut tidak boleh hanya berhenti menjadi sederet check list evaluasi KLA, namun dapat menjadi acuan bagi kita dalam melaksanakan pengembangan semua KLA yang terintegrasi, holistik dan berkelanjutan,”ujar Hamim.

Bupati dua periode ini menegaskan point terpenting dari proses pengembangan KLA di Kabupaten Bone Bolango adalah koordinasi diantara para stakeholder dalam rangka pemenuhan hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Saya sangat berharap penguatan koordinasi semua pihak dapat terus ditingkatkan melalui mekanisme gugus tugas yang terbentuk sehingga apa yang kita harapkan bersama untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul di masa depan dapat terwujud,”tandasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button