TMMD

Harapan Pemuda Bahenap TMMD Tingkatkan Semangat Pendidikan

BeritaNasional.ID,Kapuas Hulu, Kalbar – TMMD Regtas Reguler Perbatasan) ke-114 tahun 2022 Kodim 1206/Putussibau, yang dipusatkan di Desa Bahenap, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu.

Dengan tujuan dilaksanakannya kegiatan TMMD ini tidak hanya memperbaiki jalan yang merupakan urat nadi perekonomian masyarakat setempat. Namun kegiatan beragam hingga non fisik menjadi perhatian serius bagi satgas TMMD di tempat di mana kegiatan TMMD dilaksanakan.

Namun tidak dipungkiri jika bukan hanya urat nadi perekonomian jalan tersebut berfungsi bahkan anak-anak didik yang bersekolah juga tidak kalah penting menjadi perhatian, karena mereka (anak sekolah) juga menggunakan jalan tersebut untuk berangkat ke sekolah.

Dengan demikian dibangunnya transformasi jalan dan jembatan adalah berguna untuk meningkatkan pendidikan di daerah pedesaan yang terpencil ini.

Kondisi jalan yang layak dan baik, tentu saja transportasi menjadi lancar. Pada akhirnya minat untuk belajar para anak – anak juga akan meningkat pula. Perlu diketahui bahwa ,Desa Bahenap ini dari segi pendidikan boleh dibilang masih kurang, bahkan boleh dibilang tertinggal. Mengapa?karena, desa dengan jumlah penduduk 859 jiwa dengan luas wilayah 201,27 km hanya memiliki 1 sekolah yaitu sampai tingkat SD saja.

Akhirnya anak didik untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi harus ke kota kecamatan atau ke kabupaten yang jarak tempuh sangat jauh. Mereka harus indekos agar bisa bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun demikian tidak menyurutkan semangat pemuda dari Desa Bahenap untuk belajar walaupun dengan keterbatasan sarana transportasi atau sarana lainnya. Diharapkan dengan adanya kegiatan TMMD Regtas ke- 114 yang dilaksanakan di Desa Bahenap ini, bisa memberikan semangat untuk anak -anak mengenyam pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Akses jalan Desa Bahenap Kecamatan Kalis yang sedang dikerjakan oleh satgas TMMD Kodim Putussibau bersama warga,dok foto

“Sosok Pemuda Bahenap Jadi Teladan”

“Donatus Jugah” demikian nama salah seorang Pemuda kala itu yang berasal dari Desa Bahenap. Ia adalah salah seorang pemuda yang tidak pantang menyerah, dengan berbagai keterbatasan kala itu bahkan hingga sekarang di Desa Bahenap dirinya mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Saat ini, Pemuda dari Desa Bahenap tersebut telah menjadi anggota TNI AD dan juga menjadi seorang Babinsa Koramil 1206-12/Kalis Kodim 1206/Psb.

Donatus Jugah yang saat ini berpangkat Praka tersebut, sangat merasakan kebahagiaan dan rasa bangga bahwa, desanya telah menjadi sasaran kegiatan TMMD.

” Saya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan TMMD didesa kami ini yaitu desa Bahenap, desa ini tempat kelahiran saya,” ujar Praka Donatus Jugah yang pernah menjadi lulusan SDN 11 Sepan Padang ini.

Kenang dia saat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi lagi harus keluar desa.

“Nah saya dulu melanjutkan ke SMP PGRI Putussibau (numpang tempat kakak) karena di kampung adanya cuma SD,” demikian menurut penuturannya.

Saat ini warga Desa Bahenap yang menjadi anggota TNI sebanyak 7 orang, sebetulnya banyak pemuda dari desa Bahenap ini yang berminat menjadi anggota TNI, namun terkendala ijasah.

Diceritakannya saat itu kondisi Desa Bahenap pada waktu dirinya masih sekolah sangat terisolir yang ada jalan setapak, khususnya anak sekolah Dusun Beberuk dan Dusun Bahenap harus berjalan kaki menuju dusun Sepan Padang menempuh waktu 1,5 jam dengan melintasi sungai dan hutan belantara untuk sekolah Dasar (SD)

Sekarang setelah adanya TMMD membuka akses jalan tentu diharapkan untuk para pemuda bisa ada peningkatan terkhusus ke jenjang SMP, SMA bahkan kuliah.

“Akses jalan sangat diimpikan oleh masyarakat sehingga mereka mendukung penuh serta ucapan terima kasih sepenuhnya kepada TNI melalui Kodim 1206/PSB dengan program TMMD,” ungkap Praka Donatus dengan mata yang berkaca-kaca penuh haru.

(Source Tim Pendim1206/Psb)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button