GorontaloSosial

Hingga Agustus 2022, BPJS Ketenagakerjaan Gorontalo Telah Bayarkan Klaim Senilai 75,7 Milyar Rupiah

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Kepala BPJS Ketenagakerjaan/BPJamsostek Cabang Gorontalo Arif Budiman mengatakan bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan/BPJamsostek Cabang Gorontalo mencatat hingga bulan Agustus 2022, telah membayarkan klaim seluruh program BPJS Ketenagakerjaan senilai Rp.75,7 miliar lebih dengan jumlah 5.243 kasus.

Hal ini disampaikan Arif saat saat diwawancarai usai bertemu dengan Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, di Kantor Gubernur, Rabu (31/8/2022)

“Selama periode Januari hingga Agustus 2022, kami telah menyalurkan klaim senilai Rp.75,7 miliar lebih haknya rakyat Gorontalo yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,”kata Arif Budiman.

Arif berharap dengan besaran nilai klaim yang telah disalurkan itu bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang ada di Provinsi Gorontalo, karena adanya perputaran uang dari klaim tersebut.

“Kami berharap ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan mungkin dengan adanya klaim program BPJS Ketenagakerjaan ini menjadi salah satu indikator mencegah kemiskinan ekstrem di Provinsi Gorontalo,”harap Arif

Arif Budiman juga mengatakan bahwa selain santunan, pihaknya juga sudah memberikan beasiswa kepada 184 anak dengan program sekolah hingga tamat kuliah.

”Untuk beasiswa, sudah sekitar 184 anak menerima beasiswa dan itu disekolahin sampai tamat kuliah yang ada di Provinsi Gorontalo. Saya sampaikan kepada beliau (Pj. Gubernur Gorontalo),  hal ini bisa jadi salah satu indikator penanggulangan kemiskinan,”ujarnya.

Lebih lanjut, Arif mengungkapkan bahwa saat ini coverage (cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Provinsi Gorontalo baru mencapai 49% dari jumlah angkatan kerja yang ada di daerah ini.

Olehnya ia berharap dalam satu tahun kedepan bisa mencapai 80% dengan dukungan dari Pemda Provinsi Gorontalo dalam hal ini regulasi berupa imbauan dari Gubernur kepada daerah-daerah terutama Bupati dan Walikota terkait program perlindungan pekerja melalui BPJS Ketenagakerjaan.

“Tentu kami juga terus berusaha untuk memperluas cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Provinsi Gorontalo. Insya Allah ini semakin bermanfaat bagi masyarakat Gorontalo,”pungkas Arif Budiman.(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button