Aceh

IAIN Lhokseumawe Wisuda 751 Sarjana, Dan 115 Diantaranya Cumlaude

BeritaNasional.id, Lhokseumawe –  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe mewisuda 751 Sarjana dan Pascasarjana angkatan ke VI tahun akademik 2022/2023.

Prosesi pelaksanaan wisuda dilaksanakan dalam dua sesi dan dilangsungkan secara tatap muka bertempat di Gedung Serbaguna IAIN Lhokseumawe, pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Sebanyak 751 wisudawan berhasil menyelesaikan studinya dari kampus yang berjuluk “Kampus Peradaban”, 115 orang diantaranya berhasil meraih predikat cumlaude. Lulusan IAIN Lhokseumawe berasal dari berbagai daerah di Aceh yang menempuh pendidikan di kampus ini.

Wakil Rektor I Dr Iskandar, pada rapat terbuka senat menyebutkan jumlah lulusan Program Pascasarjana 106 lulusan, Fakultas Syariat (FASYA) 109 lulusan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sebanyak 298 lulusan. Lulusan dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) sebanyak 93 orang, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebanyak 145 lulusan.

Rektor IAIN Lhokseumawe Dr Danial, dalam amanatnya mengucapkan ucapan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di kampus IAIN Lhokseumawe.

“Ini bukanlah akhir dari proses pendidikan, ini awal pembuka menuju kesuksesan dan selamat kepada para magister dan sarjana yang telah dengan resmi dikukuhkan sebagai wisudawan pada hari ini,” ujar Rektor.

Rektor juga mengajak para wisudawan untuk menjadi alumni yang senantiasa terus menjaga dan membina silaturahmi dengan almamater serta terus berkiprah dalam hal mengembangkan bersama-sama mendukung kemajuan IAIN Lhokseumawe.

Dr Danial juga menjelaskan penyematan nama Malikussaleh di IAIN Lhokseumawe mengingatkan dan menyentakkan kesadaran kita tentang sebuah kerajaan Islam yang berpengaruh melampaui Asia Tenggara, yaitu kerajaan Samudra Pasai.

Menariknya dalam batu nisan kerajaan Islam Samudra Pasai, terdapat gambar lentera yang mengeluarkan cahaya dan daun batang pisang.

“Lentera ini menggambarkan bahwa pembangunan sebuah bangsa yang dibangun aspek rohaniah, aspek spiritual, intelektual dan emosional yang disimbolkan dari lentera, yang mengisyaratkan ilmu yang menerangkan bukan hanya pikiran tetapi menerangkan hati, jiwa dan pikiran,” tuturnya.

“Sedangkan daun pisang sebagai melambangkan sebagai simbol kesejahteraan, yaitu pembangunan jasmaniah,” sambung Rektor.

“Sebuah lembaga pendidikan dan pembangunan daerah harus seimbang antara jasmaniah dan rohaniah, yang disimpulkan oleh daun sebagai simbol kesejahteraan. Ekonomi harus sejahtera dan rohani haruslah bahagia,” ungkap Rektor

Dihadapan peserta wisuda dan tamu undangan, Rektor menjelaskan tentang IAIN Lhokseumawe yang dibangun di atas tanah seluas 33 hektare dan saat ini tersedia 4 fakultas dan 1 Program Pascasarjana.

Berbagai pembenahan dan pengembanga dari berbagai sektor. Seperti pencapaian akreditasi Perguruan Tinggi dengan peringkat baik sekali pada tahun 2021 lalu.

“Saat ini IAIN Lhokseumawe memiliki 4 Fakultas, diantaranya Fakultas Syariat (FASYA). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) serta Program Pascasarjana,” jelas Rektor.

Pada kesempatan tersebut, sebagai bentuk apresiasi kampus atas raihan prestasi selama menempuh pendidikan, Rektor IAIN Lhokseumawe juga memberikan penghargaan kepada lulusan cumlaude.

Hadir langsung Pj Wali kota Lhokseumawe Dr Imran, Pj Bupati Aceh Utara yang diwakili oleh Asisten III Setdakab Adami, serta para undangan mulai dari unsur pimpinan Perguruan Tinggi lingkup Lhokseumawe dan Aceh Utara, unsur Forkopimda serta para Stakeholder.(Rizki M)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button