DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Idul Fitri, Keluarga WBP Rutan Situbondo Bisa Berkunjung Berturut-Turut Selama 4 Hari

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM, Sehubungan dengan Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Kantor Wilayah Jawa Timur, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Situbondo memberlakukan kunjungan tatap muka terbatas, kunjungan  Virtual Video Call dan kunjungan penitipan barang selama 4 hari yang di mulai dari hari Sabtu tanggal 22 hingga hari Selasa tanggal 25 April 2023.

Keterangan yang disampaikan Rudi Kristiawan Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Situbondo mengatakan, pengunjung wajib bawa KTP, Foto Coppy Kartu Keluarga dan bukti vaksin boster “Kunjungan dibagi menjadi 4 zona. Yang berkunjung adalah keluarga inti WBP, setiap kunjungan maksimal 4 orang diluar anak kecil dan anak kecil yang boleh masuk umur 3 tahun ketas,” kata Rudi Kristiawan, Minggu (23/4/2023)

Lebih lanjut, Rudi Kristiawan mengatakan, satu WBP per hari hanya di berikan kunjungan 1 kali per hari dan jika ingin dikunjungi lagi bisa dilakukan esok harinya. “Waktu kunjungan 15 menit hingga 30 menit dan pengunjung wajib memakai masker dan menjaga protokol kesehatan. Sebelum masuk ke dalam rutan, pengunjung diperiksa secara ketat oleh petugas rutan,” jelasnya.

Para pengunjung, sambung Rudi Kristiawan, dilarang membawa barang terlarang, seperti Narkoba, HP, senjata tajam, senjata api, makanan kemasan, makanan berbau, rokok, buah besar yang belum dipotong, barang terlarang lainnya yang berpotensi terhadap penyelundupan narkoba. “Tas dan HP pengunjung tidak boleh di bawa masuk ke dalam rutan. Semua pengunjung dan barang kunjungan wajib dan harus diperiksa dan digeledah petugas dengan detail,” terang Rudi.

Sedangkan pengunjung dari jarak yang jauh atau luar kota yang tidak bisa hadir langsung ke rutan, kata Rudi, bisa melakukan kunjungan dengan video call yang di buka setiap hari sesuai jam kunjungan tatap muka diatas. Bagi keluarga WBP yang akan melakukan kunjungan melalui video call, bisa mendaftar vc kepetugas. “Dalam pengamanan kunjungan, petugas rutan dibantu oleh anggota Kodim 0823 Situbondo dan anggota Polres Situbondo. Apabila ada pengunjung yang melanggar peraturan, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku,” tegas Rudi.

Tak hanya itu yang disampaikan Rudi, namun dia menjelaskan bahwa kunjungan Idul Fitri di Rutan Situbondo di buka selama 4 hari berturut. Salah satu tujuan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada WBP dan keluarga WBP agar bisa melepas rindu dengan puas, karena pengunjung bisa hadir berturut-turut selama 4 hari. “Semoga pelayanan kami bermanfaat bagi WBP maupun keluarga WBP yang berkunjung ke Rutan Situbondo pada momentum Idul Fitri tahun 2023,” pungkas Rudi.

Keluarga WBP menggunakan kunjungan video call Rutan Situbondo (Heru Hartanto/BeritaNasional.ID)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button