DaerahJawa TimurPendidikanSitubondo

Ini Kata Bupati Ketika Resmikan Fasilitas Sanitasi SMP Negeri 3 Situbondo

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi MM, meresmikan fasilitas sanitasi SMP Negeri 3 Situbondo. Peresmian renovasi sanitasi ini merupakan kerjasama antara SMPN 3 Situbondo dengan Tanoto Foundation, Sabtu (27/01/2024).

Bupati Situbondo mengatakan, sanitasi menjadi sarana prasarana yang penting bagi kesehatan murid-murid di sekolah. “Sanitasi itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan murid-murid di sekolah. Kalau sanitasi di sekolah kurang memadai dan kurang bersih, maka akan berpengaruh pada kesehatan di sekolah tersebut,” kata Bupati Karna dihadapan wartawan usai meresmikan sanitasi di SMP Negeri 3 Situbondo.

Untuk Tonato Foundation, sambung Bupati Karna, yang telah nyata membangun sarana prasarana, khususnya sanitasi di SMP Negeri 3 Situbondo sungguh luar biasa. “Atas nama pribadi maupun atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, saya mengapresiasi Tanoto Foundation dalam mensupport dunia pendidikan di Kabupaten Situbondo ini. Dengan adanya kerjasama ini, semoga kualitas pendidikan di Kabupaten Situbondo semakin meningkat,” ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Bung Karna, namun dia berharap, ke depan ada sekolah-sekolah yang bisa menjalin kerjasama dengan Tanoto Foundation. “Untuk memajukan pendidikan Pemkab Situbondo tidak bisa sendirian. Kita butuh peran semua pihak, termasuk donasi dari Tanoto Foundation untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Situbondo,” pungkasnya.

Dilain pihak, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Situbondo, Sri Tutik menjelaskan, Tanoto Foundation melakukan rehabilitasi fasilitas sanitasi sembilan kamar mandi siswa dan guru, fasilitas air bersih dan tandon air. “Selain itu, Tanoto Foundation juga memberikan beberapa unit komputer untuk melengkapi sarana prasarana di perpustakaan, pemberian pelatihan literasi, pelatihan numerasi dan juga pelatihan budaya pola hidup sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Head of ECED Tanoto Foundation, Eddy Henry mengatakan, SMP Negeri 3 Situbondo ini satu-satunya sekolah di Jawa Timur yang mendapat program rehabilitasi sanitasi dari Tanoto Foundation. “Kami sebenarnya fokus pada kualitas pembelajaran. Namun, sanitasi sangat dibutuhkan oleh SMP Negeri 3 Situbondo yang jumlah siswanya banyak. Maka itu, kami merenovasi kamar mandi dan toilet di SMPN 3 Situbondo ini,” katanya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button