DaerahJawa TimurRagamReligiSitubondo

Ini Kegiatan WBP Rutan Situbondo Menjelang Pemberian Remisi Idul Fitri

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM, Mulai pukul 05.00 WIB seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Situbondo yang berjumlah 347 mulai keluar dari kamar menuju ke Masjid atau Aula Rutan Situbondo menggunakan baju merah dan peci putih untuk melaksanakan Salat Idul Fitri, Sabtu (22/4/2023).

Mereka tampak semangat menyambut lebaran tahun ini. Sebab, ada hal yang berbeda dalam merayakan lebaran dari tahun sebelumnya. Lebaran tahun 2023 ini, WBP dan semua petugas Rutan Situbondo melaksanakan ramah tamah atau halal bihalal serta makan ketupat bersama. Tampak, antara WBP dengan petugas rutan berdampingan makan ketupat bersama.

Dalam ramah tamah atau halal bihalal internal WBP tersebut, Karutan Situbondo Rudi Kristiawan juga hadir dan makan ketupat lebaran bersama seluruh WBP. Dan seluruh WBP nampak antusias menikmati hidangan ketupat lebaran dan bercengkerama dengan sesama WBP, layaknya mereka merayakan Idul Fitri di rumahnya masing-masing.

Menurut Budiyanto salah satu warga binaan Rutan Situbondo mengatakan, merayakan lebaran di dalam Rutan Situbondo serasa merayakan lebaran di rumah sendiri. “Setelah kami usai melaksanakan Salat Idul Fitri, kami langsung bersalaman dan saling maaf memaafkan. Kemudian, kami makan ketupat lebaran bersama-sama,” jelas Budianto.

Makan kutupat lebaran bersama ini, diisiasi oleh Karutan Situbondo dengan tujuan memberikan peningkatan pelayanan kepada WBP dan mempererat kebersamaan dan silaturahmi antara sesama WBP dan petugas rutan.

Selain itu, Rutan Situbondo juga membuka kunjungan tatap muka selama empat hari dan membuka atau memberlakukan kunjungan Video Call dan Telephone Via Wartelsuspas bagi keluarga jauh dan tidak bisa mengunjungi WBP di Rutan Situbondo.

Sementara itu, Rudi Kristiawan, Kepala Rumah Tahan Kelas IIB Situbondo menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajarannya, karena telah mensukseskan Moment Idul Fitri tahun ini dan memberikan pelayanan kepada WBP dengan baik.

“Mulai dari kegiatan Salat Idul Fitri, halal bihalal dan makan ketupat lebaran bersama hingga penyerahan surat remisi berlangsung di tertib, rapih dan baik. Untuk itu, saya sampaikan terima kasih kepada seluruh petugas rutan yang telah mensukseskan momentum Idul Fitri ini,” jelas Rudi.

Selain itu, sambung Rudi, kunjungan Lebaran di Rutan Situbondo juga berjalan dengan aman, tertib dan lancar, karena petugas melakukan penggeledahan secara detail dan teliti, serta telah memberikan pelayanan yang baik kepada WBP dan keluarganya yang berkunjung. “Semoga pelayanan kami kepada WBP dan keluarganya yang berkunjung ke Rutan Situbondo bermanfaat,” ujar Rudi Kristiawan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button