DaerahSulawesi

Ini Yang Dilakukan Kasat Lantas Polres Polman Menekan Laka Lantas

Berita Nasional.ID.Polman Sulbar — Kasat Lantas Res Polman Akp Suhartono Sh Sik didampingi Juara 3 Polisi Teladan Polres Polman Brigpol Ilham Darsal melaksanakan sambang ke Pasar Baru, Polewali , Jumat (20/7).

Menyambangi Pasar Baru Polewali dengan cara patroli jalan kaki , menyapa dan mengajak kerjasama petugas Dishub Bapak Asrul dan Bapak Sudin untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas dan parkir di area Pasar serta berdialog diskusi dengan dengan para pedagang dan masyarakat yang berbelanja di area pasar.

Satu hal yang menarik adalah sebagian konsep berpikir masyarakat hasil diskusi dengan masyarakat adalah menggunakan helm dalam berkendara motor karena “biar tidak melanggar”, “jauh dekat pakai helm ji” sebut Bu Rini salah seorang masyarakat yang menggunakan helm bahkan saat sambil berbelanja sangat diapresiasi Kasat Lantas Res Polman. Sebuah jawaban yang benar dan tepat dari warga masyarakat yang tertib berlalu lintas menggunakan helm saat berkendara bahkan saat jalan kaki masuk ke pasar baru untuk berbelanja.

Kasat Lantas Res Polman menjelaskan untuk meluruskan tujuan dan mengajak masyarak di area pasar bahwa mari kita gunakan helm saat berkendara bukan karena alasan takut ditilang Polisi namun justru demi keselamatan diri.

Kasat Lantas juga menjelaskan bahwa angka kecelakaan lalu lintas di Wilayah Kabupaten Polman tinggi dengan jumlah korban meninggal dunia periode 5 tahun terakhir adalah 220 orang.

Masyarakat belum banyak mengetahui bahwa kecelakaan lalu lintas sumber data informasi di google penyebab kematian rangking 5 terbesar nasional.

Sebagian masyarakat mengetahui bahwa penyebab kematian terbesar hanya disebabkan karena menderita sakit kronis seperti jantung, kangker dan penyebab sakit lainnya. Jelas Suhartono.

Masyarakat bisa mengetahui kecelakaan, jika :
a. Dirinya sendiri mengalami kecelakaan.
b. Keluarga atau orang yang dicintai atau bahkan tetangga nya kecelakaan.
c. Ketika bepergian melihat di jalan ketika melintas ada keramaian kecelakaan ditepi jalan.
d. Melihat informasi di media sosial ada berita tentang kecelakaan lalu lintas.

Maka demikian Kasat Lantas Res Polman mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi keselamatan diri dan keselamatan orang lain.

Patroli dialogis yang dilaksanakan oleh Kasat Lantas Res Polman didampingi Polisi teladan Polres Polman ini sesuai implementasi Program Bapak Kapolres Polman Akbp Muh. Rifai Sh Sik untuk mewujudkan Polman yang aman dan kondusif serta ditekankan dan diarahkan oleh Wakapolres Polman Kompol Mihardi Sh Sik untuk mewujudkan kemitraan dengan masyarakat sehingga tercapai situasi aman aman Polman.

Tugas ini merupakan bagian dari implementasi Democratic Policing yaitu Polisi yang mengormati Ham, transparan dan Profesional. Polisi yang memahami apa yang diinginkan masyarakat tentang rasa aman termasuk di jalan. Harapan masyarakat itu sejahtera dan sejahtera tak tercapai tanpa kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat. Model democratic policing menghadirkan Polisi ditengah-tengah masyarakat harus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Polman yang dilayani agar berfungsi dengan baik dalam pelaksanaan tugas kepolisian. Oleh karena itu Sat Lantas Res Polman turun ke masyarakat seperti ke Pasar Baru Polewali , ini untuk bertugas menyapa masyarakat, mendengarkan suara feed back aspirasi dari masyarakat serta menghimbau dan mengajak menggunakan helm saat berkendara sepeda motor guna keselamatan di jalan serta tercipta kondisi ini dalam rangka pencegahan tejadinya semua potensi gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Polman insyaAllah akan sukses dengan doa dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Polman untuk mewujudkan situasi aman dan sejahtera serta kondusif di wilayah hukum Polres Polman ini, terang Kasat Lantas Polres Polman .

Editor : Yuni

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button