Daerah

Inilah Bentuk Kepedulian Pemkab Banyuwangi Terhadap Warga PMKS Di GRS Licin

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Kepedulian Pemkab Banyuwangi terhadap warga Penyandang Masalah kesejahteraan Sosial (PMKS) perlu mendapat apresiasi. Terbukti dengan upaya Pemkab untuk meningkatkan pelayanan terhadap warga PMKS di Graha Rehabilitasi Sosial (GRS) milik Pemkab di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

“Kualitas layanan di tempat ini bakal diperbaiki. Termasuk akan ditambah dengan kehadiran psikolog untuk menemani warga yang ada di tempat ini. Aspek psikologi ini penting karena warga ini sebatang kara, perlu terus dimotivasi. Di sini kan ada kegiatan produktif, seperti berkebun,” tutur Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat mengunjungi GRS di Licin, Senin (15/1/18).

Tim kesehatan di GRS pun mendapat perhatian dari Bupati Anas. Bahkan bupati asal Desa Karangdoro Tegalsari ini meminta pada tim kesehatan untuk terus meningkatkan pelayanannya, seperti adanya pemeriksaan rutin dan pemberian makanan bergizi.

Bahkan Anas meminta seluruh warga Banyuwangi yang mengetahui di lingkungannya ada warga miskin sebatang kara, segera melapor. Warga tersebut bisa langsung ditampung di GRS. “Jangkauan pemerintah daerah terbatas. Kami perlu laporan jika ada yang harus dibantu, termasuk kalau perlu ditempatkan di Graha Rehabilitasi Sosial. Silahkan laporkan ke desa, kecamatan atau dinas sosial,” janjinya.

Di GRS, Anas menyempatkan berbincang dengan salah seorang penghuni, Bu Saniyah. Kepada Bupati Anas, Bu Saniyah mengaku kerasan tinggal di GRS. Diapun mengaku sehat.

Kepala Dinas Sosial Banyuwangi, Peni Handayani menyatakan, Bu Saniyah sudah tinggal di GRS ini selama 6 bulan. “Beliau dikirim oleh perangkat Desa Olehsari karena sudah tidak punya keluarga,” katanya, Selasa (16/1/18).

Untuk meningkatkan pelayanan, tambah Peni, tahun ini pihaknya berencana menambah jumlah kamar, agar lebih banyak lagi warga lansia yang tertampung. “Kami juga rekrut tenaga rohaniwan untuk memberikan bekal spiritual para penghuni graha,” paparnya. (Hakim Said/red)

Caption : Bupati Anas menyempatkan berbincang dengan Bu Saniyah, salah seorang penghuni yang mengaku kerasan di GRS

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close