Wisata

Inilah Deretan Kampung Amsterdam Di Kabupaten Garut Jawa Barat

Garut,Beritanasional.ID – Kampung Amsterdam merupakan salah satu objek wisata baru di Kabupaten Garut yang tengah digandrungi oleh wisatawan. Berada di kaki Gunung Cikuray, objek wisata ini memiliki keindahan alam khas pegunungan serta udara yang sejuk.

Sejak mulai dikelola pada 2016 lalu, pihak pengelola Kampung Amsterdam menyulap sedikit area perkebunan teh yang berada di depan kampung untuk dijadikan tempat beristirahat oleh para wisatawan yang datang.

Disitu nampak erdapat beberapa balai-balai seperti balai pohon serta balai berbentuk perahu yang bisa dimanfaatkan sebagai objek berfoto.

2. Peninggalan Belanda

Di Kampung Amsterdam ini memiliki sekitar 12 rumah yang dihuni oleh 24 orang warga. Uniknya, rumah yang ditempati tersebut merupakan rumah peninggalan Belanda yang belum pernah direnovasi.

Rumah-rumah tersebut berdiri di tanah seluas 7 hektar dan dibangun semi permanen dengan perpaduan bilik rajutan kayu dan tembok.

Rata-rata bangunan bekas Belanda di Kampung Amsterdam ini dibuat tahun 1913, meski begitu beberapa diantaranya masih berfungsi dengan baik. Selain itu rumah, terdapat pula saluran air sepanjang 300 meter di tempat ini.

Dihuni Keturunan Belanda

Tak hanya bangunannya, jejak peninggalan Belanda juga bisa kita ketahui dari para penghuninya. Di Kampung Amsterdam ini dihuni oleh penduduk keturunan Belanda.

Hal ini diketahui saat seorang YouTuber membagikan keseruannya saat membagikan Kampung Amsterdam ini. Di sana, YouTuber tersebut disambut oleh dua wanita lanjut usia keturunan Belanda.

4. Lokasi

Kampung Amsterdam ini berada di Kawasan Perkebunan Teh Dayeuh Manggung. Lokasinya berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Garut. Jarak tempuh dari pusat kota menuju ke kampung ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan motor maupun mobil.

5. Hal yang Bisa Dilakukan

Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Kampung Amsterdam ini. Diantaranya adalah berkemah, hiking, hingga tracking. Kampung Amsterdam ini sangat cocok untuk liburan dengan budget minim karena tiket masuknya hanya Rp5.000/orang.( Diky )

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button