Bengkulu

Investasi Pabrik Minyak Goreng, Perusahaan Malaysia Tawar Proyek Mangkrak PT Sudevam di Seluma

BENGKULU,Beritanasional.id – Perusahaan asal Malaysia saat ini tengah menawar pabrik yang ditaksir senilai Rp4,5 triliun milik PT Sudevam. Pabrik minyak goreng ini sebenarnya sudah ditunggu masyarakat Bengkulu. Namun, hingga saat ini justru mangkrak dan tidak ada tindaklanjutnya dari PT Sudevam.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Bengkulu, Karmawanto, mengatakan ambisi pemerintah untuk membangun pabrik minyak goreng di Bengkulu sedang diusahakan.

“PT Sudevam yang saat ini tengah menyelesaikan proses perizinannya sedang ditawar perusahaan Malaysia,” kata dia.

Dia mengatakan, komitmen pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia untuk melakukan program eksekusi proyek mangkrak di daerah menjadi angin segar.

“Pengambilalihan investasi ini dalam tahap identifikasi nilai aset yang dilakukan PT Surveyer Indonesia bersama BKPM,” katanya.

Dia mengatakan apabila sudah melalui perhitungan nantinya, maka diputuskan berapa yang harus dibayar perusahaan Malaysia.

“Saya berharap eksekusi ini dapat dilakukan dalam waktu dekat mengingat kebutuhan Provinsi Bengkulu terhadap kebutuhan minyak goreng yang terjangkau di tengah fluktuatifnya bahan baku TBS kelapa sawit di daerah sudah sangat mendesak,” katanya.

Karmawanto mengatakan setelah adanya kesepakatan eksekusi ini, nanti pemodal asing Malaysia dapat langsung menggerakan produksinya. “Kami berharap di tahun 2023 akan segera terealisasi,” kata Karmawanto”, pungkasnya. (adv)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button