DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Investigasi Persoalan Tanah Bibir Pantai, LBH Mitra Santri Layangkan Surat ke Komisi I DPRD Situbondo

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM,- Menindaklanjuti audiensi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mitra Santri dengan Komisi I DPRD Situbondo beberapa waktu lalu, kembali LBH Mitra Santri melayangkan surat ke Komisi I DPRD untuk melakukan audiensi dan membeberkan hasil investigasi lapangan persoalan tanah negara bibir pantai di Desa Gadingan dan Kumbangsari, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo yang saat ini menjadi persoalkan masyarakat, Kamis (11/5/2023).

Keterangan yang disampaikan Abdurahman Saleh Pembina LBH Mitra Santri Situbondo mengatakan bahwa, hasil investigasi Tim LBH Mitra Santri mengenai persoalan tanah negara di bibir pantai di Desa Gadingan dan Kumbangsari, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo tersebut telah di patok-patok dan tanaman mangorove yang ada di bibir pantai tersebut juga ikut di patok-patok.

Selain itu, sambung Abdurahman Saleh, ditemukan ada beberapa tanda tangan Kepala Desa Kumbangsari terkait hak tanah bibir pantai terhadap pengakuan masyarakat yang tidak pernah mengerjakan dan mengelola tanah bibir pantai yang menimbulkan masalah “Masyarakat bibir pantai pada dasarnya tidak ingin mengalihkan hak garapnya dan pengelolaan tanah bibir pantai kepada pihak ke tiga maupun pihak lainnya,” beber Abdurahman Saleh.

Selanjutnya, kata Abdurrahman Saleh, tanah bibir pantai di Desa Gadingan ditemukan 6 sertifikat hak milik yang patut dipertanyakan serta ada dugaan sertifikat ganda yang menimbulkan masalah hukum serta ada klaim tanah batas Desa Gadingan dengan Desa Kumbangsari.

“Untuk mensikapi persoalan tersebut diatas dan agar persoalan tersebut menjadi terang benerang serta untuk mencari solusi terbaik, maka kami LBH Mitra Santri akan melaksanakan audiensi lanjutan dengan Komisi I DPRD Situbondo. Dengan audiensi lanjutan, harapan kami ke Komisi I DPRD Situbondo menemui solusi terbaik untuk menyelesaikan persoalan tanah bibir pantai yang ada di Desa Gadingan dan Desa Kumbangsari,” pungkas pembina LBH Mitra Santri. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button