Daerah

Jadi Saksi Sidang Jero Wacik Berharap Meringankan Hukuman

BeritaNasional.ID Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap hukuman Jero Wacik diringankan. Harapan disampaikan saat ia hadir di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta, senin (13/8/2018).

Kedatangan JK disambut hangat Jero yang juga mantan menteri ESDM itu. JK menjadi saksi dalam sidang permohonan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Jero Wacik. Disitu, ia mendapat pertanyaan dari jaksa KPK tentang harapan bagi Jero.

“Meringankan hukuman beliau karena yang dituduhkan itu tak lepas dari tugasnya, baik langsung atau tak langsung,” jawabnya.

Sebelumnya, JK juga pernah bersaksi dalam sidang pokok perkara Jero Wacik di Pengadilan Tipikor beberapa waktu lalu. Keterangannya dianggap bisa memperkuat PK yang diajukan Jero ke Mahkamah Agung (MK).

MA memperberat hukuman terhadap Jero yang semula 4 tahun menjadi 8 tahun setelah mengabulkan permohonan kasasi Jaksa Penuntut Umum. Jero terbukti menyalahgunakan dana operasional selama menjadi Menteri kebudayaan dan Pariwisarta serta Menteri ESDM.

Jero juga diwajibkan membayar denda Rp 300 juta subsider 6 bulan kurungan. Ia juga harus mengembalikan kerugian negara sebesar Rp5.07 miliar subsider 2 tahun penjara. (dki1/bn.id)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close