BondowosoDaerahJawa Timur

Jaga Keseimbangan Alam, IIK Perhutani Lakukan Reboisasi

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Semangat menanam pohon yang menjadi pekerjaan pokok disamping tugas lain bagi para rimbawan atau forester rupanya tidak hanya bersarang di jiwa karyawan Perhutani saja.

Kemauan dan semangat tersebut juga tertanam di jiwa para srikandi-srikandi yang tergabung dalam Ikatan Istri Karyawan (IIK) Perhutani. Sebagai istri forester sudah sepatutnya memberikan dukungan penuh pada suami.

“Dalam rangka menjalankan tugas pokoknya untuk melaksanakan dan mengawal keberhasilan reboisasi. Yang akan menjadi sumber pendapatan utama bagi Perum Perhutani,” demikian dikatakan oleh Desy Anggrahini Kusumastuti Merdyanto Ketua IIK Perhutani Cabang KPH Bondowoso.

Desy menambahkan, tugas suami kita bukan hanya mengurus tanaman saja, tapi juga ada tugas – tugas lain yang tidak kalah penting. Diantaranya pembuatan bibit atau persemaian, tebangan, sadapan, dan keamanan.

Yang tidaklah mudah untuk dilaksanakan, lanjutnya. Oleh karena itu, kehadiran kita sebagai istri harus dapat membantu dan membangkitkan semangat juang suami agar dapat menyelesaikan seluruh tugas dan tanggung jawabnya.

Sementara Ny. Anton Sujarwo, Wakil Ketua IIK Cabang Perhutani Bondowoso saat dikonfirmasi media di sela-sela penanaman mengatakan, penanaman bibit jenis pinus oleh ibu IIK hari ini akan ditindaklanjuti dengan kegiatan lain yang berkaitan dengan pekerjaan suami.

Sebagai wujud kepedulian sekaligus dukungan penuh para istri rimbawan. Insyaallah dalam waktu dekat IIK juga akan mengagendakan kegiatan untuk membantu perawatan bibit di beberapa lokasi persemaian yang ada diwilayah KPH Bondowoso. “Kami berharap semoga tanaman ini dapat memberikan manfaat pada masyarakat sekitar dan Perhutani,” ungkapnya penuh harap.

Mewakili petani hutan, Ny. Novi, istri Ketua LMDH Sumbersari Jaya Desa Gunosari Kecamatan Tlogosari menyampaikan terimakasih kepada ibu-ibu IIK Perhutani Bondowoso. Karena sudah membantu anggota tani hutan dengan menggelar penanaman bersama.

“Semoga sumbangsih tenaga ibu-ibu tercatat sebagai amal ibadah dan mendapatkan balasan dari Allah swt,” ucapnya.

 

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button