NasionalRagamTNI Dan Polri

Jaga Ketahanan Pangan Ditengah Covid 19, Kodim 0823 Tanam Sorgum Manfaatkan Lahan Marginal

BeritaNasional.ID , SITUBONDO – Dengan manfaatkan lahan Marginal (kering dan tidak produktif) Kodim 0823 Situbondo bersama berbagai komponen menanam Sorgum di Dusun Kandang Timur, Desa Kandang, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Senin (3/8/2020).

Kegiatan serbuan teritorial tanam sorghum yang dilakukan anggota TNI Kodim 0823 Situbondo tersebut sengaja digelar sebagai rangkaian HUT ke-75 Republik Indonesia dengan membangkitkan kearifan budaya lokal, guna menunjang ketahanan pangan, pakan dan energi terbarukan dimasa Pandemi menanam sorgum.

“Berawal dari situasi pendemi COVID-19 dan untuk mengantisipasi kelangkaan pangan dan instruksi dari bapak Pangdam V/Brawijaya bak gayung bersambut, satu bulan yang lalu saya bersama Bapak Bupati dan Kiai Zakki membahas tentang tanaman sorgum, sebagai alternatif pangan sehat dan kaya manfaat,” Beber Dandim 0823 Letkol Inf Akhmad Juni Toa, SE, M.I.Pol.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Dandim 0823 Situbondo serbuan teritorial tanaman sorghum yang dilaksanakan TNI diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk menanam sorghum sebagai alternatif penganti pangan yang sehat. “Momentum ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk giat menanam sorgum,”Tandasnya.

Wakil Bupati Situbondo H.Ir. Yoyok Mulyadi, MSi, yang datang mewakilo Bupati Situbondo mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kodim 0823 Situbondo yang telah melakukan berbagai program dalam rangka menjaga ketahanan pangan di kabupaten Situbondo.

“Kami sangat berterima kasih twrhadao Kodim 0823 terlebih kepada Dandim Akhmad Juni Toa, yang telah membeli tanah dan menghibahkan kepada Masyarakat untuk di tanami Sorgum, pemerintah daerah sendiri akan mendukung program tersebut apalagi dengan memanfaat tanah marginal yang kurang lebih di situbondo ada sekitar 30 ribu hektar,” Singkat Wabup Yoyok.

Sebelum melakukan penanaman bibit sorghum oleh anggota TNI, terlebih dahulu dilakukan prosesi adat istiadat warga setempat yakni melaksanakan selamatan tanah atau rokat. Hal tersebut dilaksanakan agar tanah yang ditanami sorghum tidak diserang hama dan berharap kepada Allah SWT hasil panennya melimpah.

Penanaman perdana sorgum di desa Kandang di pungkasi dengan makan bersama masyarakat dan Kodim 0823 Situbondo Letkol Inf Akhmad Juni Toa, SE, M.I.Pol, Wakil Bupati Situbondo Ir. Yoyok Mulyadi, MSi, Pengasuh Pondok Pesantren Manba’ul Hikam KH. Zakki Abdullah, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kabupaten Situbondo drh. M. Hasanuddin Riwansia.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close