BondowosoDaerahJawa Timur

Jalan Akan Dibangun Setelah Dinas BSBK Bondowoso Dikritik Habis-habisan, Jalan Terparah Di Desa Lombok Kulon Tidak Masuk Daftar Perbaikan

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Banyaknya kritikan  terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, akibat terlalu banyak jalan yang rusak, ahirnya pada tahun 2023 ini Pemkab mempunyai renacana akan memperbaiki sebagian jalan yang rusak.

Anggaran yang dipersiapkan oleh Pemkab dalam memperbaiki jalan Rp 100 Milyard. Walaupun hanya seujung kuku dibanding dengan banyaknya jalan yang rusak kita syukuri, daripada tidak sama sekali.

Banyak jalan yang rusak membuat masyarakat meplesetkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Melesat (Mandiri Ekonomi, Lestari, Sejahtera, Adil, dan Terdepan) menjadi Meleset (tidak sesuai visi dan misi).

Pembangunan jalan senilai Rp 100 M tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Binamarga, Sumberdaya Air dan Bina Konstruksi (BSBK) Kabupaten Bondowoso, H. Munandar, SP, MM. Muna, sapaannya mengatakan, ada tiga sumber anggaran yang siap digelontorkan untuk perbaikan jalan.

Muna menjelaskan, ketiga sumber dana yang akan digunakan untuk membangun jalan adalah DAK (Dana Alokasi Khusus) Rp 30 miliar, dana reguler (APBD 2023) Rp 22 miliar dan dana Inpres Rp 48 miliar. Total Rp 100 miliar.

“Untuk memastikan kualitas jalan baik,  Dinas BSBK menggandeng Ashpalt Mixing Plant (AMP) melakukan ujicoba kualitas bahan di sejumlah ruas jalan rusak di Bondowoso,” kata mantan Kadisperta.

Jalan yang akan diaspal, lanjutnya, antara lain jalan Brigpol Sudarlan di Kelurahan Nangkaan. Nilai proyeknya sebesar Rp 1,2 miliar. Sekarang masih proses lelang. Insyaallah bulan Juni, SPK sudah dikeluarkan.

Kemudian di Grujugan Kidul Kecamatan Grujugan hingga Desa Kalianyar, Desa Pejagan sampai Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan dan Desa Kalianyar ke arah selatan. Kemudian jalan Desa Pejagan ke arah Kecamatan Pujer. Dari 4 titik itu nilainya Rp 17 miliar.

Perbaikan jalan di Blawan menuju Kalianyar dan Kaligedang di Kecamatan Ijen, dianggarkan Rp 13 miliar. Dana Inpres sebesar Rp 48 miliar, akan digunakan perbaikan jalan dari gardu atak ke Desa Sukorejo.

Disamping jalan,  Dinas BSBK juga akan memperbaiki saluran drainase di Pasar Maskuning Kulon, Kecamatan Pujer senilai Rp 1 miliar. Sayangnya, jalan rusak di Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari, tidak masuk dalam daftar pembangunan jalan.

“Padahal di jalan ini pengendara motor sering jatuh karena jalannya bukan hanya rusak, tapi sangat rusak. Demikian jalan menuju Desa Jebung Kidul Kecamatan Tlogosari, walaupun rusak berat tidak dilirik Dinas BSBK,” kata Humaidi, kamis, 18/5 2023.

Di jalan menuju Desa Jebung Kidul tersebut, lanjutnya, sebuah truck bermuatan hampir terguling dan videonya diviralkan. Sekali lagi, namun hal itu tidak membuat Dinas BSBK tergerak untu memperbaiki jalan tersebut.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button