BondowosoDaerahJawa TimurTMMD

Untuk Menjaga Kamtibmas Desa, TMMD Bondowoso Bangun 4 Poskamling

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Tentara yang tergabung dalam  Satuan Tugas (Satgas) TMMD 116 bersama warga bekerja bersama membangun 4 pos Kamling di lokasi TMMD, Desa Kerang dan Pecalongan,

Yang pembangunannya sudah memasuki hari ke 9. “Tidak perlu mewah apalagi megah, yang penting sarana dan fasilitas warga untuk mengamankan wilayah di desa tersebut ada”, ungkap Fahri warga desa setempat, Kamis, (18/5).

“Pembangunan Poskamling dibangun di lokasi strategis, di pertigaan Simpang jalan Desa. Pembangunannya sudah mencapai 35%,” ujar Pasiter Kodim 0822 Bondowoso Kapten Arm Yonaidi D kepada awak media.

Koordinator Pembangunan Pos Kamling, Peltu Wiwit menuturkan, TMMD membangun Pos Kamling sebanyak 4 unit. Diharapkan warga memanfaatkan Pos Kamling tersebut untuk menjaga keamanan Desa.

“Pengerjaan Pos Kamling dikebut, sekarang sudah memasuki hari ke 9 sudah mencapai 35 persenan. Karena program TMMD waktunya terbatas, namun tidak mengurangi kualitas pembangunan,” kata Wiwit.

Sementara, Dandim 0822 Bondowoso yang juga Dansatgas TMMD ke 116, Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., di tempat terpisah mengatakan, tujuan pembangunan Poskamling tersebut untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di sekitar desa.

Terutama, lanjutnya, dari gangguan pencurian. Banyak manfaat dari Poskamling. Dalam pelaksanaannya, warga bisa berkoordinasi dengan Babinsa dari TNI dan Babinkamtibmas dari Polisi.

“Dengan mengaktifkan kembali ronda atau patroli malam, masyarakat akan terdidik untuk melaksanakan pengamanan kampungnya sendiri secara swakarsa dan mandiri. Ini juga salah satu fungsi Poakmling,” ucapnya.

Suhendra berharap kepada masyarakat, mulai dari Kepala Desa, Ketua RT maupun warga untuk sama-sama ikut peduli terhadap keamanan wilayah.  “Harapannya, setiap permasalahan, khususnya terkait dengan Kamtibmas dapat terdeteksi dengan cepat dan dilaporkan kepada pihak yang berwajib,” tambahnya.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button