Bone BolangoGorontaloPolitik

Jelang Pemilu 2024, Korpri Bone Bolango Akan Gandeng Bawaslu untuk Sosialisasi Netralitas ASN

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma mengungkapkan dalam waktu dekat ini Korpri akan menggandeng Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk bekerja sama melakukan sosialisasi, pemahaman, dan pencerahan kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam bersikap dan bertindak menghadapi Pemilu serentak yang proses tahapannya sudah berjalan.

“Dalam sosialisasi itu akan disampaikan terkait hal-hal yang tidak bisa dilanggar dari sisi ASN untuk mengedepankan netralitas dalam menghadapi Pemilihan Presiden, Pemilihan Legislatif, hingga Pemilihan Kepala Daerah,”ungkap Ishak Ntoma, Selasa (23/5).

Meski menekankan netralitas dan profesionalitas ASN dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, namun Sekda Bone Bolango itu juga mengakui bahwa netralitas dan profesionalitas ASN Bone Bolango sudah teruji dalam menghadapi pesta demokrasi sejak beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya di media ini, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango Moh. Fahri Kaluku mengingatkan kepada ASN di Kabupaten Bone Bolango agar tetap menjaga netralitas mereka pada momen pelaksanaan seluruh tahapan Pemilu tahun 2024.

Hal ini diungkapkan Fahri saat diwawancarai awak media ini melalui pesan whatsapp, Jum’at (19/5).

Menurut Fahri istilah netralitas perlu dipahami secara benar oleh ASN agar tidak terjebak pada aksi dukung mendukung salah satu caleg atau partai politik peserta Pemilu.

“Tetapi jika ada ASN yang tidak faham maksud dari netralitas tersebut dan melakukan pelanggaran, maka disinilah peran Bawaslu dalam menangani pelanggaran netralitas ASN,”jelas Fahri. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button