Eks Keresidenan Madiun

Jelang Pergantian Tahun Baru, Kapolres Magetan Pantau Pos Pengamanan

BeritaNasional.ID, Magetan, Jatim – Jelang malam pergantian tahun baru 2024, Kapolres Magetan AKBP. Satria Permana bersama Pj Bupatidan Forkopimda Magetan meninjau langsung pos pantau pengamanan Natal dan Tahun Baru yang tersebar di beberapa wilayah Magetan, Minggu (31/12/2023).

Tak hanya sebatas pengecekan kesiapan Pos saja, namun kunjungan tersebut juga bertujuan untuk melakukan komunikasi dengan para personel yang bertugas dalam rangka memastikan kesiapan mereka dalam mengamankan rangkaian kegiatan Natal dan Tahun Baru.

Kapolres Magetan AKBP Satria Permana mengatakan  lebih dari 200 personel gabungan telah diterjunkan untuk mengamankan rangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. Mereka tersebar di sejumlah gereja dan pos pengamanan, termasuk di objek wisata Kabupaten Magetan selama masa libur Nataru.” Kita terjunkan sekitar 228 personel untuk pengamanan Nataru,” ucapnya.

Selain itu, Kepolisian juga bekerja sama dengan personel gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan BPBD, hal itu dilakukan untuk untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat saat nataru 2024

Untuk mengatasi lonjakan arus lalu lintas yang diperkirakan akan terjadi pada puncak libur tahun baru esok hari yang akan jatuh pada tanggal 1 Januari 2024, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan akan melakukan pengalihan dan penyaringan arus lalu lintas di Simpang empat Maospati dan di pertigaan Sidorejo.

“Kawasan wisata puncak masih menjadi pilihan untuk berlibur di tahun baru, untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas dari dan menuju Solo lewat jalur puncak kita akan lakukan upaya penyaringan dan pengalihan arus dimulai dari Simpang empat Maospati ini dan juga Simpang tiga Sidorejo,” terangnya.

AKBP Satria menekankan pentingnya kewaspadaan dan kesiapan menghadapi potensi gangguan Kamtibmas, Kamseltibcar Lantas, serta ancaman lainnya yang bisa datang dari pihak luar kapan saja selama arus libur panjang Natal dan Tahun Baru. “Kepada seluruh personel yang bertugas agar tingkatkan kewaspadaan dan jaga kesehatan saat melaksanakan tugas,” tegas AKBP Satria di pospam Maospati.

Operasi Lilin untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tersebut digelar selama 12 hari, sejak tanggal 21 Desember 2023 lalu, dan akan berakhir pada 2 Januari 2024.

“Operasi Lilin ini akan digelar selama 12 hari, dan akan berakhir pada tanggal 2 nanti, namun kita masih melakukan pemantauan lanjutan,” tambah Kapolres

Adapun beberapa titik pos pengamanan yang ditinjau adalah pos pantau terminal Maospati, pos pantau alun-alun, dan pos pantau Kebun Refugia Magetan. Berdasarkan laporan dari pos pelayananan pengamanan nataru, semua berjalan aman dan kondusif. (sat)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button