Jawa TimurRagamSitubondo

Jelang Puasa, Ribuan Santri Pulang Via Pelabuhan Jangkar Situbondo

BeritaNasional.ID – Situbondo Jawa Timur, Herland Apriyanto Kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Zeiniye Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Tri W Dishub Provinsi Jatim dan Forkipimcam Jangkar melepas keberangkatan santri dan santriwati Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Sukorejo mengunakan Fery Munggiyanggo Hulalo dari Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pulau Kangen Kabupaten Sumenep, Kamis (16/3/2023).

Keterangan yang disampaikan Hj Zeiniye Ketua Panitia Pemulangan Jamaah Satri dan Santriwati Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Sukorejo mengatakan, pemulangan santri Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Sukorejo sudah di mulai sejak tanggal 13 Maret 2023. “Hari ini pemulangan santri terakhir menggunakan Kapal Fery dari Pelabuhan Jangkar Situbondo,” jelas Zeiniye Ketua Panitian pemulangan santri yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur.

Kepulangan santri yang menuju Kepulauan Madura menggunakan Kapal Fery dari Pelabuhan Jangkar ada sekitar 2000 santri dan santriwati. “Pemulangan santriwati yang menggunakan kapal Fery ini mendapat pengawalan ketat dari alumni atau pengurus ikatan santri Salafiyah Safi’iyah Sukorejo. Saya juga sudah minta bantuan kepada kru atau ABK Fery Munggiyanggo Hulalo,” kata Zeineye.

Dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan santri dalam perjalanan menggunakan Fery ini, sambung Zeiniye, panitia menyediakan fasilitas makan dan minum serta menyediakan obat-obatan dan mengawasi santri selama dalam perjalanan. “Atas nama pengurus IKSASS Pusat mengucapkan Terima kasih kepada KSOP Kelas IV Panarukan, ASDP, Dishub Jatim dan pihak terkait lainnya yang telah membantu kepulangan ribuan santri dari Pelabuhan Jangkar menuju Kepulauan Madura,” pungkasnya.

Sementara itu, Herland Apriyanto Kepala KSOP Kelas IV Panarukan mengatakan, sesuai dengan perkiraan cuaca BMKG, cuaca hari ini cukup baik, sehingga dalam berlayar relatif aman hingga sampai ke tujuan di Kepulauan Kangen Kabupaten Sumenep.

“Untuk jumlah penumpang santri yang berangkat hari ini sesuai dengan manifes dan penumpang santri menggunakan kapal feri reguler. Insya Allah pelayaran kapal feri hari ini akan berlangsung aman. Sebab, sesuai dengan perkiraan cuaca BMKG hingga sampai ke perairan Kangean relatif aman karena ketinggian ombak normal,” jelas Herland.

Para Santri saat menaiki feri (Heru Hartanto/BeritaNasional.ID)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button