Daerah

Jelang Ramadhan, Pemkab Magetan Gelar Rapat Koordinasi

BeritaNasional, Magetan – Menyambut datangnya bulan Ramadhan 1441 /2020 pemerintah ingin memastikan kaum muslimin di Kabupaten Magetan bisa menjalankan Ibadah puasa dengan khusyuk ditengah pandemi corona yang mewabah saat ini ,seperti ramadhan sebelumnya tentu masyarakat ingin mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan keagamaan. Namun karena situasi dan kondisi pandemik, pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan tahun ini akan terasa berbeda. Untuk itu Bupati bersama jajaran Forkopimda bertemu dengan sejumlah tokoh agama untuk mendapatkan masukan untuk menentukan kebijakan yang akan diambil disamping tetap berpedoman dengan keputusan Pemerintah Pusat.

Bertempat di Rumah Dinas Bupati Suprawoto beserta segenap anggota FORKOPIMDA, unsur MUI, para ulama dan tokoh masyarakat duduk bersama pada agenda Rapat Koordinasi Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H/2020 M di tengah Pandemi Covid 19, Selasa (21/4/2020).

Bupati Suprawoto menyampaikan sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat segala sesuatu akan mengacu pada keputusan Pemerintah Pusat sebagai pedoman untuk  mengeluarkan kebijakan di daerah,namun tentu tetap akan mendengarkan juga saran dari tokoh tokoh agama dan organisasi Keagamaan seperti NU,Muhammadiyah,MUI,DMI dan FKUB .Seperti yang sudah disampaikan Menteri Agama telah mengeluarkan SE No 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H ditengah Pandemi Wabah Covid 19 dengan tetap mengacu pada penerapan Phisycal Distancing serta protokol Kesehatan misal dengan meniadakan kegiatan kegiatan ibadah yang berpotensi mengumpulkan massa yang banyak seperti ,tarawih keliling buka bersama, sahur bersama ditiadakan, ibadah selama bulan Ramadhan dianjukan dilaksanakan secara individual atau berjamaah dengan keluarga inti di rumah. Selain itu kegiatan seremonial ditiadakan.

.Bupati Suprawoto juga mewanti-wanti masyarakat untuk lebih selektif dalam menerima informasi, karena makin maraknya informasi hoaxs di berbagai media di tengah pandemi

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close