PolitikSulbar

Jelaskan Tentang 4 Pilar , A.Ruskati Ali Baal Gelar Sosialisasi Gandeng KNPI Polman

BeritaNasional.ID.POLMAN.SULBAR– Bertempat di Baruga Todilaling Matakali kec Matakali kab Polman Sulbar , Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan digelar Hj.Andi Ruskati Ali Baal anggota Komisi IX DPR RI dengan menggandeng KNPI Kab Polman .Kamis 24 April

Kegiatan yang eihadiri langsung oleh ketua KNPI Polman A.Ian Rusali dengan diikuti oleh 250 peserta yang hadir baik dari Tomas , Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda

Dalam  penyampaiannya Bau Atty sapaan akrab A.Ruskati Ali Baal memgatakan pemuda Sulawesi Barat harus tahu apa itu pancasila, pemuda kita harus tahu  Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, paham dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan paham terhadap Bhinneka Tunggal Ika.

Dan, wajib tahu kedudukan 4 Pilar bagi negara Republik Indonesia. Tegas Bau Atty

“Program ini digagas oleh Almarhum Taufik Kiemas, di tahun 2009. Program ini sangat penting untuk kita semua sebagai warga negara yang baik, Melalui 4 pilar ini, kita sudah punya fondasi menuju negara maju di masa yang akan datang, 4 pilar ini adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan bersatu”, kata Ruskati.

Andi Ruskati memgajak warga untuk menjadi pahlawan di daerah, khususnya di wilayah Sulawesi Barat, selain itu semangat persatuan dan kesatuan juga disampaikan agar tidak mudah terpecah belah dengan isu-isu atau berita-berita tidak benar (HOAX).

Sulawesi Barat harus terhindar dari isu-isu perpecahan. Inilah pentingnya kita harus mendalami, dan mengimplementasikan nilai-nilai dari 4 pilar ini, karena semua sudah ada didalamnya. Kita harus mampu memberikan dedikasi kepada bangsa, kuncinya dengan memahami dan menerapkan nilai dari 4 pilar ini”, jelasnya.

“Kita juga harus memahami, struktur dari sistem ketatanegaraan kita, agar nilai yang telah diserap dari 4 pilar ini, diimplementasikan dengan baik dan tepat di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, sehingga semua dapat dipahami secara komprehensif”, lanjut Ruskat

Dirinya menambahkan agar semua peserta yang hadir dapat menjadi informan atau penyampai informasi kepada masyarakat tentang 4 pilar.

Kita memiliki empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat pilar kebangsaan ini sebagai tiang penyangga bangsa kita supaya rumah yang bernama Indonesia tetap tegak berdiri

Ia menjelaskan tentang pentingnya empat pilar kebangsaan karena dinilai sebagai perekat dan pemersatu elemen bangsa di tengah maraknya budaya barat yang merongrong kedaulatan NKRI.

Bau Atty juga  mengemukakan tentang inti dari setiap pilar kebangsaan. “Isi dari empat pilar kebangsaan adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara kita. Undang-undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara kita, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucapnya menegaskan. dihadapan para pemuda KNPI dan masyarakat yang hadir .

Ia menuturkan sebagai manusia tidak ada yang bisa terlepas dari aturan karena empat pilar kebangsaan ini merupakan pedoman dalam membuat aturan, termasuk apa yang dijalani dalam keseharian berjalan aman dan damai.

Andi Ruskati berharap dengan adanya Sosialisasi 4 Pilar, masyarakat luas paham tentang pentingnya Empat pilar yang dimaksud.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button