Metro

Kabila Bone Akan Segera Miliki Pasar Harian, Dahlan : Kita Bikin Sampai Jadi

 

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Menyahuti keinginan masyarakat untuk memfungsikan kembali aset milik pemerintah yang ada di PPI Inengo. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango Sugondo Makmur segera mengambil langkah strategis dengan menggelar rapat bersama Dinas PMD, dan Dinas Koperindag Kabupaten Bone Bolango. Serta melibatkan Camat dan Kepala Desa se Kecamatan Kabila Bone bertempat di PPI Inengo, Rabu (25/05/2022).

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Kadis Perikanan Kabupaten Bone Bolango Sugondo Makmur.  Telah disepakati untuk memfungsikan kembali bangunan Pasar Ikan Bersih Inengo menjadi pasar harian dan mingguan. Rencananya pasar harian ini akan beroperasi setiap sore mulai pukul 14.00 hingga 17.00 WITA. Selain pasar harian di tempat ini juga akan di gelar pasar mingguan. Yang akan beroperasi setiap hari rabu mulai pukul 05.00 WITA sampai dengan pukul 12.00 WITA.

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini bangunan pasar ikan tersebut kondisi bangunannya sebagian telah mengalami kerusakan di bagian atap dan plafon. Termasuk beberapa jendela dan pintu kaca pada ruang kantor pengelola yang telah pecah. Pecahan kaca ini menambah tumpukan sampah yang ada di dalam dan luar bangunan pasar.

Selain itu fasilitas penunjang bangunan pasar yakni air dan listrik juga menjadi perhatian dari peserta rapat untuk di benahi termasuk perbaikan saluran air yang mampet untuk menghindari genangan air pada saat musim hujan.

Menyikapi kondisi tersebut Sugondo  mengatakan akan berupaya untuk membenahinya.  Dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada.
“Kita akan upayakan secara bersama dengan melibatkan seluruh stakeholder  yang ada. Mudah-mudahan hal ini bisa secepatnya kita benahi, “ujarnya singkat.

Senada dengan Sugondo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bone Bolango Suleman Panigoro dalam kesempatan itu juga meminta kepada Camat dan para Kepala Desa di Kecamatan Kabila Bone. Untuk berperan aktif dalam mewujudkan pasar harian dan mingguan ini.

“Saya harap Camat dan Kepala Desa untuk bisa berperan aktif dalam mewujudkan pasar ini. Karena ini (pasar) akan memiliki dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yang ada di Kecamatan Kabila Bone, “tegasnya.

Sementara itu Camat Kabila Bone Dahlan Tomelo mengatakan bahwa terkait dengan konsep tehnis pengelolaan pasar dan hal-hal lain akan dibahas kembali pada rapat ke-2 yang akan di gelar pada hari Senin, 30 Mei 2022 mendatang.
“Senin nanti kami akan duduk rapat kembali untuk membahas persoalan tehnis pengelolaan pasar dengan dinas terkait serta melibatkan seluruh kepala desa dan para pedagang. Termasuk masalah fasilitas penunjangnya kita akan bicarakan bersama. Pokoknya kita bikin ini sampai jadi, “pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button