PemerintahanSinjai

Kadis DLHK Sinjai: Gerakan Nasional Compost Day, upaya Minimalisir Sampah Organik

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Penanganan Sampah adalah tantangan kita bersama. Jika tidak dikelola dengan baik, sampah dapat menjadi masalah, baik bagi lingkungan maupun kesehatan kita. Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Wury Ma’ruf Amin dari Provinsi Bali mencanangkan gerakan bebas sampah organik.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) menggelar aksi “Compost Day”, Sabtu (10/06/2023).

Compost Day dilaksanakan secara serentak di 38 Provinsi dan 518 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Termasuk di Kabupaten Sinjai, gerakan kompos ini dilaksanakan di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Jalan Persatuan Raya Kecamatan Sinjai Utara.

Walaupun gerakan nasional ini tersambung secara virtual melalui zoom, didalamnya dilaksanakan praktik pengomposan dengan menggunakan sampah organik untuk dibuat menjadi pupuk kompos.

Serta mendorong masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik sejak dari rumah dan melakukan composting terhadap sampah organik secara mandiri.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas LHK Sinjai, H. Sofwan Sabirin mengatakan, kegiatan pengomposan ini juga melibatkan ibu-ibu dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan penggiat lingkungan dan sampah.

“Tentunya dengan adanya kegiatan ini kami berharap ibu-ibu yang hadir dapat melakukan kegiatan kompos khususnya di skala kecil rumah tangga dengan harapan bisa mengurangi sampah organik sehingga dapat bermanfaat untuk pupuk organik,” harapnya

Sofwan berharap agar jumlah sampah organik dapat diminimalisir sebab dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk kompos untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button