DaerahRagamSosial

Kakanwil KEMENKUMHAM Riau Lantik Pejabat Administrasi dan Majelis Pengawas Daerah Notaris Provinsi Riau

BeritaNasional.ID, Pekanbaru – Meski masih dalam suasana mewabahnya Covid-19, namun tak menyurutkan berbagai kegiatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau. Salah satunya adalah promosi dan mutasi pejabat administrasi. Pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat administrasi serta anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Provinsi Riau yang juga dibarengi dengan serah terima jabatan Kepala Rutan Kelas IIB Dumai dan Kepala Rupbasan Kelas II Bangkinang ini dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham Riau, Rabu (17/6/2020).

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan kali ini menjadi pertama kalinya semenjak beliau memimpin Kanwil Kemenkumham Riau. Ibnu mengapresiasi kedisiplinan ASN Kemenkumham Riau dalam menerapkan protokol kesehatan, terkhusus pada pelantikan dan sertijab ini yang mewajibkan penggunaan masker dan pembatasan jarak sosial.

Mutasi dan promosi merupakan bagian dari organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan dari bagian pola pembinaan karir pegawai. “Pejabat administrasi yang baru harus senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin, dan komitmen terhadap tugas dan tanggub jawab. Harus sensitif dan responsif terhadap tantangan, perkembangan dan permasalahan yang timbul, dan harus mempunyai wawasan jauh kedepan serta mampu melakukan terobosan yang positif, melalui pemikiran yang kreatif dan inovatif, juga sistemik untuk kepentingan organisasi,” pesan Kakanwil mengingatkan.

Selain itu, pejabat juga harus mempunyai kemampuan untuk mengkombinasikan berbagai sumber daya dan potensi yang dimiliki untuk berkolaborasi dengan seluruh stake holder di wilayah kerja masing-masing, tambah Ibnu dalam sambutannya.

Selanjutnya Kakanwil menyampaikan tentang keberadaan MPDN yang bukanlah lembaga yang berpihak kepada notaris, namun menjadi lembaga independen yang melakukan pengawasan dan pembinaan kepada notaris.

“Ada 3 unsur independensi kelembagaan notaris, yaitu unsur pemerintahan, akademisi, dan unsur profesi. Semoga semua unsur dapat menjaga soliditas dan kekompakan dalam membangun kenotariatan di Provinsi Riau,” sebut Ibnu Chuldun.

Pada kesempatan ini, Kakanwil juga menghaturkan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian Kepala UPT yang akan bermutasi ketempat yang baru.

“Selamat bertugas di tempat yang baru untuk Bapak Yusup Gunawan dan Bapak MJP Siagian, semoga semakin sukses,” tutup Kakanwil. (Rls/Br)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close