Ragam

Trend Kampoeng Kopi Lego Gombengsari Jadi Pilihan PKL Mahasiswi Universitas Trunojoyo Bangkalan

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Empat mahasiswi Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis Universitas Trunojoyo Bangkalan Madura, Jumat (19/1/18) melaksanakan PKL di rumah K. Etawa ‘Kopi Lego’ Kampoeng Kopi Lerek Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur. Keempatnya adalah Raudhatul Jannah, Siska Mariyani, Wi’am, dan S Dwi Romania.

Raudhatul Jannah selaku ketua kelompok menjelaskan, kedatangannya di Kampoeng Kopi Lerek Gombengsari itu dalam rangka belajar pengolahan kopi mulai dari menanam sampai pengolahan dan marketing. “Kami pilih PKL di Kampoeng Kopi Lego karena disini terdapat tempat edukasi pemerahan susu kambing. Dan di sini kami juga mengetahui bagaimana cara merawat kambing dengan baik, juga cara memerah susu kambing dengan benar,” aku Jannah, Sabtu (20/1/18).

Selain itu, tambahnya, di Kampoeng Kopi Lego mereka bisa mempelajari cara bertanam kopi agar menghasilkan biji kopi yang baik. “Kami mengetahui tempat ini dari internet,” tuturnya.

Jannah juga menyampaikan, pelaksanaan PKL di Kampoeng Kopi Lego banyak menghasilkan pengalaman baru. Mereka merasa bisa langsung melakukan praktek, mulai cara memerah susu, meracik kopi dan bagaimana menyajikan kopi yang menghasilkan aroma dan rasa yang nikmat. “Selain mendapatkan pengetahuan, kami juga mendapat ilmu kekeluargaan,” katanya.

Sementara owner Kopi Lego, Hariyono Ha’o berharap agar semua ilmu yang sudah dipelajari mahasiswi Unitron tersebut bisa berguna. “Kegiatan PKL seperti ini juga pernah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya Malang (Unibraw), Universitas Negeri Malang (UNM) dan sekarang Universitas Trunojoyo Bangkalan,” ujar pria yang akrab disapa Ha’o ini.

Terpisah, Siska salah satu mahasiswi peserta PKL mengaku terkesan selama seminggu lebih tinggal dan belajar serta berbaur dengan warga Kampoeng Kopi Lego. “Orangnya ramah-ramah dan tidak pandang status sosial serta latar belakang seseorang. Dan yang pasti kekeluargaannya bukan main tulus dan ikhlas mereka sapakan kepada siapa saja,” lontar cewek asal pedalaman Kabupaten Sumenep ini. (Hakim Said/red)

Caption : Empat mahasiswi PKL asal Universitas Trunojoyo Bangkalan bersama owner Kopi Lego Cak Ha’o dan beberapa pegiat lingkungan

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close