GorontaloHeadlineReligi

Kanwil Kemenag Gorontalo Apresiasi Lomba Menulis Cerpen Santri

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Para pemenang lomba menulis cerpen santri yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango telah diumumkan oleh Ketua Baznas Kabupaten Bone Bolango Dr. H. Faisal Pakaya usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Santri tahun 2022 yang berlangsung di lapangan Pondok Pesantren Hubulo Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (22/10/2022).

“Berdasarkan hasil penilaian oleh panitia maka hari ini kami umumkan para pemenang lomba menulis cerpen santri,”ucap Faisal.

Para pemenang lomba menulis cerpen santri ini diberikan hadiah berupa uang tunai yang berasal dari dana Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) Baznas Kabupaten Bone Bolango dan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Dr. HM. Muflih B. Fattah.

“Kami sangat mengapresiasi lomba menulis cerpen santri yang diselenggarakan oleh Baznas Kabupaten Bone Bolango ini. Kami berharap kedepan para santri terus meningkatkan literasi membaca dan menulis, menambah wawasan pengetahuan dalam ilmu agama dan ilmu lainnya sehingga para santri ini bisa ditempatkan dimana saja,”paparnya.

Untuk diketahui yang berhasil menyabet gelar juara 1 pada lomba menulis cerpen santri tersebut yakni Safira Fadilatal Azizah Al Quseiri yang merupakan santriwati Pondok Modern Mathlaul Huda Gorontalo dengan judul cerpen Mahkota Amanah. Untuk juara 2 diraih oleh Alisha Echa Athifah yang merupakan santriwati Pondok Pesantren Hubulo dengan judul cerpen Neers Journey. Sementara untuk juara 3 diraih oleh Windiayu Puspita Abdul Gafur yang juga merupakan santriwati Pondok Pesantren Hubulo denga judul cerpen Terpaksa Jadi Baik.

Untuk juara harapan 1 dan 2 masih tetap diraih oleh santriwati Pondok Pesantren Hubulo masing-masing Aisyah Khairunnisa Achmad dengan judul cerpen Unforgettable Incident dan Febriani Khairunnisa Kum dengan judul cerpen Pena Kecil. Sedangkan untuk juara harapan 3 diraih oleh Maghfirah R. Ahmad, santriwati Pondok Modern Mathlaul Huda dengan judul cerpen Amanah Terakhir.

Selanjutnya untuk cerpen terfavorit, di posisi ke 1 dan ke 2 diraih oleh santri Pondok Pesantren Azharul Khairaat masing-masing Rizky Laiya dengan judul cerpen Muroqib Muda dan Abdul Hayat Hanan dengan judul cerpen Benci Jadi Cinta. Sementara untuk posisi cerpen terfavorit ke 3 ditempati oleh santriwati Pondok Pesantren Hubulo yakni Zuleyka Medina Jabie dengan judul cerpen Alna and The Magic Book.

Khusus untuk kategori alumni pondok pesantren, juara 1 diraih oleh santriwati Pondok Pesantren Al Falah Nabila Salsabila Robot dengan judul cerpen Perkara Dia Dan Amanah Antara Celaka Atau Terjaga.

“Untuk kategori alumni ini hanya diikuti oleh dua orang peserta yakni Nabila Salsabila Robot dan Sri Ramadhani dari Ma’had Al Jamiah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo dengan judul cerpen Menyambut Hari Santri,”ungkap Faisal.

Namun Faisal menuturkan bahwa untuk peserta kedua itu tidak mengirimkan beberapa persyaratan lain berupa identitas diri dan surat keterangan.

“Sehingga kami menunda mengumumkan juaranya karena yang bersangkutan belum melengkapi persyaratan lomba berupa ktp, pas fhoto dan surat keterangan,”pungkasnya.

Turut menyaksikan pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba menulis cerpen santri tersebut yakni para kyai serta beberapa pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren di Gorontalo, para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo dan para pimpinan lembaga dan organisasi Islam yang ada di Gorontalo serta Kapolsek Tapa yang merupakan Da’i Polri Iptu M.Atmal Fauzi. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button