DaerahLangkatPolitikSUMUT

Kapolres Langkat Pimpin Simulasi PAM TPS, Kapolres: Ada 440 Personil Pengamanan di TPS

BeritaNasional.ID, Langkat SUMUT – Polres Langkat menggelar apel kesiapan personil pengamanan dan pemberian buku panduan pengamanan di TPS, serta simulasi pengamanan TPS, bertempat di halaman apel Jannuraga Polres Langkat, di Stabat, Rabu (07/02/2024). Apel dimulai pukul 15.00 WIB, dan dipimpin langsung Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang.

“Hari ini kita melaksanakan apel kesiapan pasukan. Selain itu kita juga melaksanakan simulasi pengamanan TPS untuk persiapan personil sebelum proses pemungutan suara,” kata Kapolres Langkat.

Lanjut Kapolres, pengecekan personil dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana persiapan personil, baik dari segi kelengkapan pendukung personil dan kepahaman dalam teknis pelaksanaan pengamanan di TPS, serta juga kesehatan personil.

Harkamtibmas, sebut Kapolres, adalah harga mati tuntutan tugas dan kewenangan yang diberikan kepada Polri, yang harus dilaksanakan dalam tanggung jawab pengamanan pemilu.

Sebagai garda terdepan dalam hal pengamanan, Kapolres mengatakan hendaknya seluruh personil untuk mengajak dan mengkolaborasikan dengan instansi terkait.

“Tentunya kita harus berkolaborasi dengan semua pihak yang terlibat, antara lain petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan Linmas, serta petugas lainnya selaku penyelanggara dan pengawas pemilu untuk tetap menjaga situasi agar tetap berjalan aman dan baik,” Katanya.

“Nantinya sebanyak 440 personil yang ditugaskan untuk pengamanan TPS, di wilayah hukum Polres Langkat. Hindari perilaku negatif dan sikap yang kontra produktif terkait pengamanan TPS, jangan ada pelanggaran sekecil apapun,” perintahnya.

Sebelum mengakhiri arahannya, Kapolres meminta kepada semua personil untuk menjaga sikap sebagai anggota Polri, laksanakan tugas sesuai SOP, dan berikan sikap simpatik dan humanis serta jalin komunikasi yang baik antara petugas maupun masyarakat.

Selanjutnya pada pukul 15.15 WIB, Kapolres berasama PJU, mengecek kesehatan personel dari Sidokkes Polres Langkat.

Pukul 15.40 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pengamanan di TPS dan penyampaian arahan teknis pelaksanaan pengamanan TPS kepada personil yang dipimpin Kabag Ops Polres Langkat.

Hadiri pada kegiatan apel, yakni Ketua Bawaslu Langkat Supriadi, Komisioner KPU Langkat M. Khair, Ketua PPK Kecamatan Stabat Roni Darmawan, Kabag Ops Polres Langkat, Kabag Sumda Kompol Waskita Sheena Askita. Kabag Ren Kompol B. Girsang, seluruh PJU dan Kapolsek jajaran, Perwira, serta Brigadir personel PAM TPS. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button