Jawa Timur

Kapolres Probolinggo Siapkan Jalur Alternatif Puncak Arus Balik Lebaran 2022 di Jalur Selatan Probolinggo Lumajang

Beritanasional.id-Probolinggo, Jawa Timur
Polres Probolinggo melakukan koordinasi lintas sektoral dengan Polres Lumajang dalam rangka mengurangi titik kepadatan arus jalur selatan Lumajang-Probolinggo pada hari keempat arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H. Kamis (5/3/2022).

Dalam pengecekan bersama tersebut, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi dan Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka, turun langsung ke lokasi jalur selatan yang mengarah ke Lumajang dan Probolinggo. Meski arus berjalan melambat karena peningkatan volume kendaraan, namun tetap berjalan lancar.

Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab kepadatan diantaranya adanya perlintasan rel kereta api sehingga lajur pengemudi diperlambat, serta volume kendaraan yang meningkat selama pelaksanaan mudik lebaran 2022.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi  mengatakan koordinasi lintas sektoral bertujuan untuk mengurangi beberapa titik kepadatan kendaraan.

“Pada hari ke empat arus balik mudik lebaran 2022, terjadi beberapa kepadatan arus lalu lintas di jalur selatan Lumajang-Probolinggo yang disebabkan tidak hanya karena peningkatan volume kendaraan melainkan terjadi penyempitan jalur dari arah Lumajang menuju Probolinggo,” kata Kapolres Probolinggo usai melakukan koordinasi di Pos Pengamanan Wates Wetan, Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

Lebih lanjut Kapolres Probolinggo menjelaskan untuk mengurangi kepadatan titik arus tersebut Kepolisian telah menyiapkan jalur alternatif untuk para pemudik yang mengarah ke timur yaitu berbelok dari Pos Malasan yang nantinya mengarah ke Dringu, Kabupaten Probolinggo.

“Jalur alternatif yang kami siapkan dapat memberikan kesempatan untuk para pemudik keluar di Dringu dan nantinya dapat menggunakan jalur tol Probolinggo Timur maupun jalur tol Probolinggo Barat sehingga nantinya mereka tidak perlu berlama-lama dalam kepadatan kendaraan,” jelas Kapolres Probolinggo.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka mengatakan pihaknya akan terus berkordinasi dengan Kapolres Probolinggo demi kenyamanan masyarakat selama melaksanakan mudik lebaran.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pak Kapolres Probolinggo terutama pada titik-titik kepadatan arus dimana kami telah menempatkan beberapa personel untuk memperlancar arus lalu lintas,” ucap Kapolres Lumajang.

***Onoy
Humas

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button