Jawa TimurNasionalSitubondoTNI Dan Polri

Kapolres Situbondo Ajak Nelayan Bersinergi Dalam Memberantas Kejahatan Di Perairan

BeritaNasional.id, SITUBONDO JATIM – Dalam upaya mencegah berbagai kejahatan diperairan. Kapolres Situbondo AKBP Rezi Dharmawan, S.I.K, M.I.K, turun langsung menemui komunitas nelayan. Didampingi Kasatpolair AKP I Gede Sukarmadiyasa. Rabu (01/08/2024).

Acara silaturahmi bersama tokoh nelayan, pengurus KUD, dan pengguna jasa laut dihadiri pula oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Panarukan, Komandan Keamanan Laut Jangkar, dan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Situbondo A. Junaidi.

Kapolres Situbondo menekankan pentingnya sinergi antara kepolisian dan masyarakat nelayan dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta berbagai macam upaya kejahatan terutama di wilayah pesisir.

“Polri tidak bisa bekerja sendiri. Kita perlu bersinergi. Nelayan adalah komunitas pertama yang kami ajak silaturahmi,” ujar AKBP Rezi Dharmawan. Ia juga mengingatkan nelayan untuk menghindari penggunaan alat tangkap ilegal seperti bom ikan yang merusak ekosistem laut.

Dalam acara tersebut, Kapolres juga menekankan pentingnya menjaga pelabuhan dari ancaman narkoba, terutama dengan adanya kapal Pertamina yang memasok gas ke wilayah timur Indonesia. “Pelabuhan ini wajib kita jaga bersama untuk mencegah masuknya narkoba dan lain sebagainya,” tegasnya.

Kepala KSOP kelas IV Panarukan, Herlan Aprilyanto, menjelaskan bahwa pihaknya bertanggung jawab atas keselamatan transportasi laut di wilayah kerja mereka, termasuk Syahbandar perikanan dan laut.
“Tugas kami menjamin keselamatan transportasi laut dan darat, khususnya kapal tradisional yang melayani rute Sapudi-Kalbut,” jelas Herlan.

Dengan semangat kebersamaan, Kapolres Situbondo berharap masyarakat nelayan dapat turut serta menjaga keamanan dan ketertiban, serta kelestarian lingkungan laut, demi Situbondo yang maju dan sejahtera.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Situbondo AKBP Rezi Dharmawan, S.I.K, M.I.K, juga memberikan alat – alat lkeselamatan kepada sejumlah nelayan

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button