BanjirDaerahJawa TimurRagamSitubondoSosialTNI Dan Polri

Kapolres Situbondo Salurkan Bantuan Sembako Kepada Warga Terdampak Banjir Rob

SITUBONDO JAWA TIMUR – Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. turun langsung memberikan bantuan paket sembako kepada warga terdampak becana alam banjir rob atau air laut pasang di Dusun Pesisir, Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jum’at (17/6/2022).

Kehadiran Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya ke lokasi pasca banjir rob didampingi Kepala BPBD Situbondo, Drs. Zainul Arifin, Forkopimka Kapongan dan Kades Landangan, Kamilul Ma’arif serta Anggota Koramil Kapongan. “Kami turun langsung ke lokasi terdampak banjir rob untuk turut merasakan kesedihan warga yang terdampak serta memberikan bantuan 91 paket sembako untuk warga yang terdampak banjir rob tersebut,” ujarnya.

Bukan hanya itu yang disampaikan Kapolres Situbondo, namun AKBP Andi juga mengatakan bahwa, pihaknya bersama BPBD Situbondo akn menyiapkan langkah – langkah kontijensi untuk mencegah dan meminimalisasi terjadi rumah-rumah rusak akibat bencana alam tersebut.

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo menjelaskan bahwa menurut keterangan masyarakat kejadian banjir ROB ini merupakan peristiwa tahunan. “Kedepan Polres Situbondo akan berkoordinasi dengan instansi terkait, pihak kecamatan maupun desa untuk melakukan mitigasi ancaman bencana tersebut,” kata AKBP Andi Sinjaya.

Dengan mitigasi, sambung Kapolres Situbondo, pihaknya berharap kedepan bisa mencegah dampaknya. “Jika ada hal – hal yang perlu dibantu agar masyarakat jangan segan menyampaikan kepada kami Forkopimda,” pungkas AKBP Dr. Andi Sinjaya.

Dilain pihak, Kepala BPBD Situbondo, Drs. Zainul Arifin menjelaskan, kondisi rumah yang rusak akibat bencana banjir rob juga terjadi di Wonorejo, Kecamatan Banyuputih dan Dusun Pacaron, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit. “Jumlah rumah yang terdampak seluruhnnya ada 98 rumah warga, termasuk di Desa Landangan. Dan data terakhir rumah yang rusak berat ada 7 rumah dan 4 perahu nelayan juga rusak,” kata Zainul Arifin.

Sementara itu, menurut keterangan warga setempat, dalam beberapa hari ini banjir rob menerjang puluhan rumah warga di Pesisir Desa Landangan Kecamatan Kapongan. “Banjir rob terjadi dibarengi dengan intensitas angin kencang. Banjir rob yang masuk ke permukiman warga dengan ketinggian 30 sampai 40 centimeter,” Saiful Bahri warga Dusun Pesisir RT.001 RW.005 Desa Landangan yang rumah rusak berat.

Publisher         : Heru Hartanto

Pewarta           : As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button