DaerahJawa TimurSitubondo

KAPSI Situbondo Siap Gelar Kontes Batu Akik dan Pirus

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Sebagai upaya meningkatkan perekonimian masyarakat yang berkecimpung dalam jual beli batu dan membumingkan kembali batu akik asli Situbondo bernama black titus, Komunitas Akik dan Pirus Situbondo (KAPSI) akan melaksanakan kontes batu akik, Minggu (23/06/2024).

Kontes atau pameran batu akik yang mengambil tema “Situbondo Bergelora dan Akik Pamor Indonesia” akan dilaksanakan pada Hari Sabtu dan Minggu tanggal 06-07 Juli 2024 di halaman Balai Latihan Kerja Jl Basuki Rahmat, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

Kontes batu akik dan pirus Wani Ijen ini, dilaksanakan untuk melestarikan peninggalan adiluhung dan memberdayakan serta meningkatkan perekonomian masyarakat yang mengeluti penjualan batu akik.

“Untuk memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Situbondo, khususnya masyarakat yang terlibat penjualan batu akik, maka kami Komunitas Akik dan Pirus Situbondo akan melaksanakan kontes akik selama 2 hari,” jelas Busairi, Ketua Komunitas Akik dan Pirus Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Busairi, namun dia mengatakan bahwa, kontes akik ini akan mengundang berbagai komunitas pencinta batu akik dari Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Pasuruan, Probolinggo, Sidoarjo dan kabupaten lain di Jawa Timur.

“Harapanya dengan kedatangan komunitas batu akik dari luar daerah, hotel dan penginapan maupun warung-warung makan di Situbondo laris manis dan pelaksanaan kontes juga berlangsung sukses,” kata Busairi Ketua Panitia Kontes Batu Akik dan Pirus.

Untuk suksesnya kegiatan ini, sambung Busairi, pihaknya meminta dukungan kepada semua unsur masyarakat di Kabupaten Situbondo. “Mohon doa restunya agar kontes batu akik ini berlangsung sukses,” kata Busairi. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button