TNI Dan Polri

Kemarau Panjang , Polda Sulbar Gelar Sholat Istisqa

Sulbar.Beritanasional.Id- Berdasarkan prediksi dari BMKG terkait cuaca yang semakin panas di tahun 2019 karena kemarau yang panjang ditambah lagi dengan penomena kebakaran hutan dan lahan yang telah terjadi dimana-mana, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat dalam hal ini menggelar sholat Istisqa untuk meminta hujan.

Usai pelaksanaan apel pagi, seluruh personil muslim yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si langsung melaksanakan sholat Istisqa dilappangan apel, Kamis (19/9/19).

Kapolda Sulbar mengatakan
Sholat Istisqo adalah Sholat Sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan, Sholat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajat tertentu.

“Hujan adalah karunia Allah Jallah Waalah yang sangat besar, segala kehidupan berasal dari air bahkan termasuk tubuh yang sehat dan kuat, Hukum Shalat Istisqo adalah Sunnah Muakkadah bagi yang terkena musibah kelangkaan air untuk minum dan kebutuhan lainnya dan dianjurkan bagi kaum muslimin lainnya yang masih mendapatkan air, sebagai bentuk ukhuwah dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan,” tuturnya.

Tak hanya itu, doa meminta hujan juga dilakukan oleh personil yang beragama Nasrani meskipun ritualnya berbeda tapi tujuannya sama.

Disebutkan lebih lanjut oleh Kapolda, baru saja sholat Istisqo ini akan dilakukan hari ini, Allah Subuhanahu Wataalah sudah menurunkan hujannya malam tadi, hal ini tentu tidak terlepas dari doa yang tulus seluruh masyarakat di Kabupaten Mamuju pada khususnya sehingga hujan diturunkan sebagai berkah, sambungnya.

Meski hujan sudah mulai mengguyur di Mamuju dan sekitarnya, Sholat Istisqa (Sholat Minta Hujan) ini tetap dilakukan agar hujan juga tetap dirasakan oleh daerah lainnya yang mengalami kemarau panjang. Jelas Kapolda dalam penyampaiannya yang dikutip oleh Kabid Humas Polda AKBP.Hj.Mashura.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button