Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Ragam

Kasek SDN 1 Genteng Wetan Banyuwangi, Kembangkan Media Tanaman Hidroponik Lewat Sekolah

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh Kepala SDN 1 Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Drs. H. Hanafi, M.Pd ini patut diapresiasi. Karena apa yang dia lakukan ini merupakan edukasi lingkungan terhadap siswa siswinya yang berjumlah kurang lebih 500 anak.

Kepada media ini, Hanafi yang juga seorang dosen disebuah Perguruan Tinggi swasta di Kecamatan Genteng ini mengaku tergerak hatinya untuk mengembangkan media tanam yang tidak harus menggunakan tanah. Karena hasilnya bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi oleh semua orang.

“Media tanam hidroponik ini tidak perlu menggunakan tanah. Artinya juga bisa memanfaatkan situasi dan kondisi apapun plus bisa menciptakan penghijauan. Polanya sederhana sekali, biayanya juga relatif murah,” papar Hanafi yang mengaku di waktu senggangnya hobby bergelut di pertanian ini, Kamis (24/8/17).

Khusus di SDN 1 Genteng Wetan, Hanafi mengajak semua guru maupun siswa siswinya untuk melakukan pola tanam yang tanpa tanah tersebut.

“Natural dan higienis hasilnya. Seperti yang mas lihat, ini tanaman tanpa pestisida. Jadi kalau dikonsumsi sangat sehat sekali,” beber Hanafi sambil menunjukkan tanaman hidroponik sayur seladah yang ada di samping halaman sekolahnya.

Tanaman seladah yang sudah waktunya petik pun dipersilahkan siapa saja untuk mengambilnya. Syaratnya hanya satu, mesti mengganti dengan bibit yang baru.

“Jadi tanaman sayur ini akan terus berlanjut dan berkesinambungan. Karena dilingkungan sekolah ini, walaupun didepan kelas masing-masing sudah ada tanaman kembang maupun tanaman lainnya, tetap diperlukan lebih hijau lagi agar kedepan di SDN 1 Genteng Wetan ini tercipta semacam ruang Terbuka Hijau (RTH) mini,” lontar Hanafi yang sebelumnya juga sempat menjabat Kasek di SDN 1 genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Banyuwangi ini. (mh.said)

Caption : Kasek Drs. H. Hanafi, M.Pd tunjukkan tanaman sayur seladah di lingkungan SDN 1 Genteng Wetan

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close