BondowosoDaerahJawa Timur

Kenang Jasa Pahlawan, SD Yima Islamic School Ziarah Makam Pahlawan

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November, sebanyak 56 siswa kelas 1A dan 1B SD Yima Islamic School berziarah ke 3 makam pahlawan Bondowoso, Jum’at, (10/11/2023).

Kepala Sekolah (KS) SD Yima Islamic School, Hasan Ainul Yakin, S.H., mengatakan, ziarah tersebut dilaksanakan untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan di Indonesia.

“Peringatan hari pahlawan ini merupakan momentum untuk mengenang perjuangan para pahlawan, karena kemerdekaan, baik perjuangan maupun mempertahankannya tidaklah mudah, bahkan sampai bertaruh nyawa,” jelas Hasan, sapaannya.

Ziarah kali ini dimulai dengan mengunjungi makam guru besar yayasan Al Khoiryah, Habib Hasan bin Muhammad Baharun, dilanjutkan dengan mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) dan terakhir ke makam Raden Bagus Asra (Ki Ronggo).

“Ziarah ke tiga makam tersebut kami melaksanakan kegiatan berupa menyanyikan lagu Indonesia Raya, nyanyi lagu gugur bunga, membacakan puisi tema perjuangan pahlawan Indonesia yang dibacakan perwakilan kelas 1, merefleksikan tokoh-tokoh pahlawan melalui cerita, tahlil bersama dan menabur bunga diatas makam pahlawan,” urainya.

Alumni Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong itu menuturkan, salah satu tujuan ziarah adalah untuk menanamkan jiwa kebangsaan pada siswa sejak dini.

“Oleh karena itu kami pilih kelas 1, karena kami ingin memantik jiwa kebangsaan sekaligus pembentukan Profil Pelajar Pancasila sejak dini,” ujar Hasan. Kegiatan tersebut berlangsung dengan meriah namun tidak mengurangi rasa khidmat.

Para siswa sangat antusias ketika mengikuti rangkaian kegiatan yang telah diprogramkan oleh sekolah. Salah satu siswi, Zainab Al Kubro, menjelaskan bahwa dirinya dan teman-temannya sangat bahagia mengikuti kegiatan ziarah.

“Kegiatan ini sangat seru sekali, saya baru pertama kali mengunjungi TMP, jadi saya sangat antusias mengikuti kegiatan pagi ini,” jelas Zainab, sapaannya.

Bocah yang bercita-cita menjadi dokter tersebut menambahkan, dengan kegiatan ziarah dirinya bisa mengetahui perjuangan para pahlawan.

“Khususnya perjuangan pahlawan Bondowoso, karena sebelumnya kami hanya diberikan pengetahuan perjuangan berupa materi, namun hari ini kami bisa merasakan langsung perjuangan para pahlawan dengan ziarah ini,” tukasnya.

Selain merasakan keseruan bersama teman-temannya, Zainab juga mengaku senang bisa membacakan tahlil di 3 makam tokoh tersebut. “Semoga tahlil yang kami bacakan bisa membuat kubur para pahlawan lebih terang,” pungkasnya. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button